Transformasi pembelajaran mesti berpusat pada anak, karena kita tahu bahwa tokoh utama pendidikan adalah anak-anak
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Zulfikri Anas menyatakan transformasi pembelajaran harus berpusat pada anak dan menjamin seluruh anak di Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Hal itu disampaikan Zulfikri pada acara "Peluncuran Hasil Penelitian Penggunaan Aplikasi Digital Bagi Pembelajaran Anak" oleh Enuma Indonesia bekerja sama dengan Kemendikbudristek di Jakarta, Kamis.

"Transformasi pembelajaran mesti berpusat pada anak, karena kita tahu bahwa tokoh utama pendidikan adalah anak-anak. Kita ada karena mereka ada, kalau mereka tidak ada, maka keberadaan kita menjadi tidak bermakna," katanya.

Ia juga mengingatkan pentingnya pendidikan yang berpihak kepada seluruh kalangan dan mengakomodasi semua kebutuhan mereka tanpa mengenal dan memisahkan mana anak-anak yang berprestasi dan mana yang tidak.

Baca juga: Nadiem: Transformasi holistik poin pembelajaran dari Merdeka Belajar

"Beberapa tahun ke belakang dunia pendidikan kita masih pro kepada sebagian anak tertentu. Kalau ingin anak itu masuk sekolah yang dianggap bermutu, mereka harus yang kuat, baik secara akademik maupun non akademik, dan tidak ada sekolah di pinggiran yang layak menerima mereka. Kita tidak ingin lagi seperti itu terjadi," ucap Zulfikri.

Ia menekankan guru justru harus memprioritaskan anak-anak yang lemah sehingga dapat berkembang dan tidak tertinggal dibanding anak-anak berprestasi.

"Kalau anak lemah itu justru kita prioritaskan untuk membimbing mereka, jangan sampai kita meninggalkan generasi yang lemah di kemudian hari dan jangan sampai ada anggapan bahwa pendidikan yang bagus hanya untuk anak yang berprestasi," tuturnya.

Ia juga mengemukakan pentingnya guru untuk terus beradaptasi dengan teknologi karena anak-anak akan terpapar dengan dunia digital yang semakin bergerak dinamis pada masa depan.

Baca juga: Temu inovasi dorong transformasi dalam pembelajaran

"Hal pertama yang mesti ditanamkan dalam guru, bagaimana kita masuk ke dunia anak itu, bukan mereka yang dipaksa masuk ke dunia kita. Karena bagaimana pun bagi mereka kita adalah masa lalu, sementara mereka akan hidup di masa depan dengan masalah-masalah yang lebih kompleks," paparnya.

Di satu anak-anak harus berhadapan dengan pengetahuan dan ilmu teknologi yang canggih, cepat, dan begitu dinamis, katanya, sedangkan di sisi lain, mereka juga perlu waktu untuk mengenal siapa diri mereka sesungguhnya, bagaimana mereka bisa mengembangkan daya nalar, kemampuan literasi, kemampuan numerasi, karakter, dan cara berpikir.

"Kalau anak itu logika, nalar, literasi dan numerasinya berkembang dengan baik, salah satu yang diuntungkan dunia industri, karena mereka akan mendapatkan sumber daya manusia yang luar biasa, sehingga bisa berkontribusi terhadap industri kita di masa depan," katanya.

Baca juga: Guru diminta fokus pada pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi

 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023