APBD Kalsel 2024 untuk kesejahteraan masyarakat “Banua” dan memperhatikan efisiensi, serta efektivitas.
Banjarmasin (ANTARA) - Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Supian HK memimpin rapat paripurna pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalsel Tahun 2024 sebesar Rp10 triliun.

Pada Rapat Paripurna DPRD Kalsel, di Banjarmasin, Kamis, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kalsel 2024 yang disahkan menjadi APBD provinsi setempat terdiri dari Pendapatan Daerah Rp10,174 triliun lebih dan Belanja Daerah Rp10,4 triliun lebih.

Gubernur Kalsel Sahbirin menyatakan APBD Kalsel 2024 untuk kesejahteraan masyarakat “Banua” dan memperhatikan efisiensi, serta efektivitas.

Sahbirin juga menyebutkan skala prioritas penggunaan APBD 2024, yaitu penguatan sektor industri, UMKM, pertanian dan pariwisata, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Kemudian, memperkuat infrastruktur untuk pemenuhan pelayanan dasar dan pengembangan perekonomian daerah, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang fokus pada pelayanan publik.

"Hal lain yang tidak kalah penting yaitu meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan bencana," ujar Sahbirin.

Terkait APBD 2024, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel memberikan beberapa catatan atau rekomendasi pengalokasian program dan kegiatan dan mengedepankan sinergi antara DPRD dan Pemerintah Provinsi Kalsel.

Selain itu, sesuai amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024, menekankan hal-hal terkait "mandatory spending".

"Hal tersebut guna sinergi dan penyelarasan, alokasi anggaran untuk setiap perangkat daerah," ujar Banggar DPRD Kalsel Sahrujani.

Bersamaan persetujuan APBD 2924 tersebut, DPRD Kalsel juga menyetujui kesepakatan kerja sama pemprov setempat untuk kelanjutan pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Kalimantan-Pulau Laut atau ibu kota Kabupaten Kotabaru.
Baca juga: KPK Selidiki Dugaan Penyalahgunaan Anggaran Rutin Kalsel

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023