Produk UMKM Karawang memiliki kualitas yang layak
Karawang (ANTARA) - Ratusan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai dipasarkan secara digital melalui aplikasi e-commerce LapakAep yang diluncurkan oleh PT Intinet Pratama Nusantara.

Founder LapakAep, Roberto Gustinov, di Karawang, Kamis mengatakan bahwa LapakAep diciptakan oleh para pemuda Karawang yang berkeinginan produk UMKM Karawang dipasarkan secara nasional.

"Produk UMKM Karawang memiliki kualitas yang layak untuk dipasarkan secara nasional," katanya.

Baca juga: Pemkab Karawang serahkan sertifikasi halal dan PIRT ke ratusan UMKM
Baca juga: Pemkab Karawang dorong produk UMKM tembus pasar negara ASEAN


Ia mengatakan, peluncuran e-commerce LapakAep bertujuan untuk memberikan wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara nasional.

Saat ini, sedikitnya sudah lebih dari 300 pelaku UMKM yang telah bergabung bersama LapakAep.

Menurut dia, pelaku UMKM yang hendak memasarkan produknya melalui aplikasi LapakAep akan dilihat kualitasnya terlebih dahulu karena pihaknya ingin memasarkan produk dengan kualitas yang bagus.

Pelaksana Tugas Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, menyambut baik peluncuran aplikasi LapakAep. Ia mengaku bangga aplikasi itu diciptakan oleh para pemuda Karawang.

Baca juga: Kemenperin pacu transformasi digital lewat e-Smart IKM
Baca juga: Pemkab Buleleng dampingi pelaku UMKM kembangkan pemasaran digital


Ia mengatakan, berkaca pada masa pandemi COVID-19, perekonomian di Karawang, bahkan seluruh dunia sempat terpuruk. Sektor UMKM juga sedikit terdampak namun tetap berdiri hingga saat ini.

Disebutkan, sudah jauh-jauh hari ia menyampaikan jika Karawang punya banyak pemuda yang memiliki skill dan kemampuan di bidang teknologi.

"Jadi ayo kita kolaborasi untuk membuktikan kemampuan teknologi dengan upaya meningkatkan perekonomian di Karawang. Maka lahirlah LapakAep yang diciptakan Roberto dan kawan-kawan," kata Aep.

LapakAep ini telah bekerja sama dengan pospay milik KantorPos untuk mempermudah transaksi jual beli. Saat ini, aplikasi LapakAep dapat diunduh di Google PlayStore. 

Baca juga: Disperindag Lampung latih pemasaran digital UMKM lokal
Baca juga: Pemkab Bangli latih pelaku pariwisata kiat pemasaran digital
Baca juga: Dekranasda Trenggalek imbau pelaku UMKM melakukan transformasi digital

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023