"Lalu lintas menuju Cipaku atau Pamoyanan, untuk sementara dialihkan menuju simpang BNR, bisa mengakses jalan Gading atau Pabuaran,"
Kota Bogor (ANTARA) - Petugas gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Jawa Barat bersama Satlantas dan BPBD setempat menangani longsor tebing setinggi 20 meter di Jalan Raya Batutulis tepatnya di belokan tajam area makam mbah Dalem dekat Stasiun Batutulis yang menyebabkan kemacetan dan merekayasa lalu lintas kendaraan sejak Kamis sore.

Kepala Bidang Lalu lintas Dishub Kota Bogor Dimas di lokasi longsor, Kamis malam mengatakan sementara waktu penanganan longsor, kendaraan masyarakat yang ingin masuk ke arah Cipaku dialihkan melalui BNR masuk ke jalan Cipinang Gading.

"Lalu lintas menuju Cipaku atau Pamoyanan, untuk sementara dialihkan menuju simpang BNR, bisa mengakses jalan Gading atau Pabuaran," katanya.

Sebaliknya, kata dia, bagi kendaraan dari arah Cipaku menuju Jalan Pahlawan arah pusat kota masih dapat melalui tanjakan tajam yang terkena longsor, namun satu jalur ke atas.

Dimas menerangkan, rekayasa lalu lintas dilaksanakan agar mengantisipasi dampak longsoran di badan jalan yang bisa menghalangi atau membuat kendaraan terpeleset, serta longsor susulan.

Pemberlakuan satu jalur dilakukan untuk mengurangi beban jalan yang tertimpa longsor.

Longsor di belokan tajam mbah Dalem menuju arah Cipaku Kota Bogor terjadi Kamis (16/11) pukul 16.30 WIB saat hujan deras. Tanah longsoran menutupi sebagian badan jalan di bawahnya sehingga tidak bisa dilalui kendaraan dari atas.

Atas kejadian ini, kendaraan dari arah Batutulis mengantre sepanjang lebih dari 200 meter. Kondisi tersebut diurai petugas dengan rekayasa lalu lintas.
Baca juga: Tim hentikan sementara pencarian empat korban longsor Empang Bogor
Baca juga: PT KAI kejar target perbaikan rel lintas Batutulis-Paledang di Empang
Baca juga: Seluruh perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi dibatalkan


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023