Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora Kamis (16/11) kemarin masih menarik untuk disimak, mulai dari Pesawat TNI AU jatuh hingga guguran lava Gunung Merapi.

Selain itu ada warta mengenai bursa kerja Ponorogo 2023 yang membuka ribuan lowongan kerja, memperkuat kemandirian pangan hingga pro-kontra penyebaran nyamuk Wolbachia.

Berikut berita selengkapnya;

1. Pesawat TNI AU jatuh di areal pertanian warga

Pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI Angkatan Udara jatuh di areal pertanian warga, Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Baca juga: Dua pesawat Super Tucano TNI AU jatuh di Pasuruan

2. Kemnaker-Pemkab Ponorogo gelar Job Fair sediakan 3.069 lowongan kerja

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menggelar Job Fair Ponorogo 2023 dengan menyediakan 3.069 lowongan kerja.

Baca juga: Kemnaker-Pemkab Ponorogo gelar Job Fair sediakan 3.069 lowongan kerja

3. BRIN: Indonesia perlu perkuat kemandirian pangan berbasis teknologi

Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufatur Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Haznan Abimanyu mengatakan Indonesia perlu memperkuat kemandirian pangan dalam negeri mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi melalui pemanfaatan teknologi digital pertanian.

Baca juga: BRIN: Indonesia perlu perkuat kemandirian pangan berbasis teknologi

4. Ada pro kontra warga, Pemprov Bali tunda gunakan Wolbachia tekan DBD

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya sepakat untuk menunda penyebaran nyamuk Wolbachia untuk atasi Demam Berdarah Dengue (DBD) di tengah masih adanya pro dan kontra dari masyarakat Bali.

Baca juga: Ada pro kontra warga, Pemprov Bali tunda gunakan Wolbachia tekan DBD

5. Gunung Merapi muntahkan 16 kali guguran lava sejauh 1,5 kilometer

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis mengeluarkan guguran lava 16 kali dengan jarak luncur maksimum 1,5 kilometer.

Baca juga: Gunung Merapi muntahkan 16 kali guguran lava sejauh 1,5 kilometer
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023