Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI AU mengantar warga Wamena, Jayawijaya, Papua Pegunungan yang sedang mengalami sakit jantung ke Jayapura menggunakan pesawat untuk mendapatkan pertolongan medis, Rabu.

Proses pengantaran warga yang sedang sakit itu diunggah di akun Instagram @puspentni, hari ini.

Dalam foto itu terlihat seorang warga berselimut cokelat tengah terbaring di atas tempat tidur yang ada di dalam bagasi pesawat C-130 TNI AU A-1337.

Pemuda itu terlihat tengah diantar keluar dari bagasi pesawat oleh beberapa personel TNI AU.

Berdasarkan keterangan foto yang diunggah, dijelaskan bahwa warga itu bernama Husny. Dia harus dilarikan ke Jayapura lantaran fasilitas kesehatan di kampung halamannya tidak memadai untuk menangani penyakit jantung.

Baca juga: TNI AU berhasil uji pendaratan C-130J Super Hercules di Wamena 

Baca juga: KSAU pantau perjalanan pertama C-130J Super Hercules ke Merauke

Akibatnya, pasien yang beralamat lengkap di Jalan Yos Sudarso, Wamena, Papua Pegunungan ini harus dirujuk ke rumah sakit di Jayapura untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Komandan Detasemen TNI AU Wamena Letkol Pnb Imron Fathir mengatakan bantuan itu dilakukan demi memastikan masyarakat mendapatkan fasilitas medis yang lengkap.

Dia juga menambahkan bantuan berupa transportasi ini juga mempertegas kehadiran TNI yang berfungsi sebagai pelayan dan pelindung masyarakat.

Dia memastikan, jajarannya akan terus memberikan perlindungan dan bantuan kepada masyarakat membutuhkan, terkhusus di daerah pedalaman Papua.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024