San Francisco (ANTARA) - Di pintu masuk ruang perjamuan Filoli Estate, sebuah rumah pedesaan (country house) di sebelah selatan San Francisco, California, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sibuk membuka ponselnya, tampak tengah mencari sesuatu.

Biden, yang baru saja menyelesaikan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping, sedang menunggu mitra setaranya dari China itu menjelang jamuan makan yang dipersiapkan di rumah tersebut, yang diterangi oleh lampu berkilauan dan dihiasi dekorasi yang elegan.

Saat Xi mendekat, Biden menunjukkan ponselnya, menarik perhatian pemimpin China itu ke arah layar ponsel.

"Apakah Anda mengenal pemuda ini?" tanyanya.

"Ya, itu adalah saya 38 tahun lalu," ujar Xi, sembari tersenyum.

Gambar yang ditampilkan di ponsel Biden adalah foto Xi yang diabadikan pada tahun 1985 ketika dia melakukan perjalanan perdananya ke AS.

San Francisco merupakan perhentian pertama dari perjalanan Xi. Sama seperti pengunjung kota lainnya, Xi berfoto dengan latar Jembatan Golden Gate.

Pada saat itu, Xi, yang masih berusia awal 30-an, menjabat sebagai pemimpin wilayah Zhengding di Provinsi Hebei, China utara.

"Anda tidak berubah sedikit pun!" kata Biden sambil tertawa kecil, mengundang tawa riang.

Di tengah suasana yang santai, kedua pemimpin melangkah masuk bersama ke ruang perjamuan.

Xi sedang melakukan kunjungan ke San Francisco pada 14-17 November untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China-AS serta Pertemuan Pemimpin Ekonomi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) ke-30.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023