Peran Pertamina Patra Niaga dalam menyediakan energi bagi proses pembangunan IKN yang dikelola oleh Kementerian PUPR menjadi sangat penting ....
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga siap memenuhi kebutuhan bahan bakar dan produk pendukung lainnya untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Peran Pertamina Patra Niaga dalam menyediakan energi bagi proses pembangunan IKN yang dikelola oleh Kementerian PUPR menjadi sangat penting untuk kelancaran proses konstruksi infrastruktur,” kata Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pertamina Patra Niaga, diwakili Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Maya Kusmaya telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga, yang juga disaksikan langsung oleh Sekretaris Jendral Kementerian PUPR, Mochammad Zaenal Fatah, pada Kamis (16/11).

Baca juga: Pertamina Patra Niaga siap pasok bahan baku untuk industri baterai

Maya mengatakan pihaknya siap dan berkomitmen menjamin kebutuhan energi yang dibutuhkan seluruh kontraktor untuk pengoperasian alat-alat konstruksi.

Selain bahan bakar minyak, Pertamina Patra Niaga juga siap menyediakan kebutuhan produk lain seperti pelumas, aspal, dan petrokimia lainnya serta penyediaan BBM Low Sulfur yang mendukung Environmental, Social dan Governance (ESG) Partnership.

Maya juga mengatakan sarana dan fasilitas Pertamina Patra Niaga di Kalimantan Timur telah disiagakan sebagai titik pasokan utama bahan bakar untuk pembangunan IKN sehingga proses distribusi energi bisa berjalan dengan baik.

“Ini adalah komitmen kami untuk mendukung pembangunan IKN. Harapannya dengan adanya jaminan suplai energi ini, proses pembangunan infrastruktur dasar tahap awal IKN dapat berjalan lancar, dan kontraktor juga tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan bakar peralatannya,” ujar Maya.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga-Kejaksaan kolaborasi kawal PSN terminal elpiji

Sementara itu, Sekretaris Jendral Kementerian PUPR, Mochammad Zaenal Fatah mengatakan Kementerian PUPR memiliki mandat untuk membangun infrastruktur dasar IKN. Saat ini, progres pembangunan infrastruktur dasar telah mencapai lebih dari 55 persen dan Kementerian PUPR akan mengawal proses pembangunan ini hingga tuntas.

“Kementerian PUPR akan memastikan dan melakukan percepatan penyelesaian pembangunan ini hingga tahun 2024. Dengan dukungan jaminan bahan bakar yang kita tanda tangani hari ini akan mendukung proses percepatan pembangunan sekaligus memberikan keyakinan bahwa tugas pembangunan Infrastruktur dasar bisa diselesaikan tepat pada waktunya,” kata Zaenal.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan proses pembangunan infrastruktur dasar sangat membutuhkan jaminan suplai energi bagi peralatan yang dioperasikan di tahap awal 2022 hingga 2024. Menurutnya, setiap bulan diperlukan sekitar 4 juta liter bahan bakar untuk mendukung pembangunan infrastruktur dasar ini.

“Di sinilah pentingnya kerja sama dengan Pertamina Patra Niaga. Jaminan rantai pasok bahan bakar dapat mendukung pembangunan Infrastruktur dasar seperti jalan, bendungan, gedung dan perumahan, dan segala bangunan dasar yang sifatnya memenuhi kesiapan sebuah kawasan baru,” kata Danis.

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023