Jakarta (ANTARA News) - Indonesia meraih  16 medali emas dalam kejuaraan olahraga antar pegawai pemasyarakatan di negara-negara kawasan Asia Tenggara, Asean Prisons Track and Field Championships 2013, yang berakhir Minggu di Malaysia.

Indonesia mengirimkan 14 atlet yang terdiri atas pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM dalam ajang pertandingan olahraga dua tahunan itu.

Menurut Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Susy Susilawati, selain memperoleh 16 medali emas, perwakilan Indonesia juga membawa pulang enam medali perak, dan satu medali perunggu. 

"Walau tidak menjadi juara umum namun negara peserta mengakui kehebatan Indonesia yang meraih medali terbanyak. Mereka menyebutnya small but high quality (sedikit tapi kualitasnya tinggi)," kata Susy tentang kontingen Indonesia yang jumlahnya paling sedikit di antara negara peserta yang lain.

Keberhasilan memboyong banyak medali emas, menurut Susy, menjadi penambah semangat bagi para petugas pemasyarakatan yang akhir-akhir ini didera banyak masalah. 

Ia menambahkan, Indonesia telah ditetapkan menjadi tuan rumah Asean Prisons Track and Field Championships 2015.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013