Jakarta (ANTARA) - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menilai penyelenggaraan Grand Prix Las Vegas merupakan salah satu bukti peningkatan olahraga dan hiburan (sportainment) di Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut menyusul pernyataan kontroversial juara dunia Max Verstappen (Red Bull) yang sebelumnya menilai GP Vegas adalah “99 persen acara hiburan dan 1 persen olahraga” serta trek yang dinilai “tidak terlalu menarik”.

"Saya dengar banyak orang yang mengeluhkan arah yang diambil oleh penyelenggara (GP Las Vegas). Tapi mereka melakukan pekerjaan luar biasa," kata Hamilton, dikutip dari AFP, Jumat.

"Olahraga ini terus berkembang. Ini adalah sebuah bisnis dan Anda masih akan melihat balapan yang bagus di sini. Ini adalah ajang yang patut dimanfaatkan dan benar-benar memikat penonton," ujarnya menambahkan.

Adapun GP Las Vegas dibuka dengan pertunjukan drone serta penampilan penyanyi pop asal Australia, Kylie Minogue. Ajang balap di tempat berjuluk “City of Lights” tersebut juga bakal dihadiri oleh para pesohor di Hollywood.

Baca juga: Balap F1 Las Vegas dimeriahkan penampilan sembilan musisi papan atas

“Semua orang yang saya kenal di Hollywood akan datang dan akan ada banyak bisnis yang terjadi pada akhir pekan ini. Ini akan menjadi tontonan yang bagus untuk disaksikan, bahkan bagi mereka yang belum pernah ke Vegas,” ujar juara dunia tujuh kali tersebut.

GP Las Vegas akan melewati “strip” terkenal, yang merupakan rumah bagi hotel dan kasino terbaik di kota ini. Ini juga merupakan kembalinya F1 ke Vegas setelah absen selama 41 tahun lamanya.

Pembalap asal Inggris. Itu juga mengakui bahwa suasana di sekitar balapan Vegas sangat berbeda dengan beberapa venue klasik yang sudah ada di sirkuit.

Di sisi lain, banyak tim dan sponsor Formula 1 yang menyelenggarakan acara di sekitar GP Las Vegas pekan ini.

Hal itu membuat agenda para pembalap menjadi sangat padat. Bahkan pembalap Ferrari Carlos Sainz mengatakan ini merupakan waktunya untuk mempertimbangkan kembali komitmen media dan komersial secara umum.

Baca juga: Ferrari bawa desain livery spesial untuk GP Las Vegas

“Melihat ke masa yang akan datang, kami akan perlu mempertimbangkan ulang cara kami menuju balapan akhir pekan ini, karena jadwal kami menjadi semakin sibuk setiap tahunnya,” kata Sainz.

Di sisi lain, pembalap veteran Fernando Alonso mengatakan bahwa pengecualian harus dilakukan untuk Las Vegas.

“Saya harus katakan bahwa menurut saya tempat-tempat seperti ini, dengan investasi yang telah dilakukan dan tempat di mana kami membalap, menurut saya ini layak mendapatkan perlakuan yang sedikit berbeda dan memberikan sedikit pertunjukan seperti yang kami lakukan hari ini,” kata Alonso.

Baca juga: Hamilton kecewa dengan performa Mercedes di Sprint GP Sao Paulo
Baca juga: Toto Wolff akui sempat frustasi karena insiden Hamilton dan Russell


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023