Barang dikirim dari Gudang Sentra Bahagia Medan pada Kamis 16 November 2023 ke Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tenggara
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan logistik darurat untuk korban banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

"Barang dikirim dari Gudang Sentra Bahagia Medan pada Kamis 16 November 2023 ke Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tenggara," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemensos Supomo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Supomo menjelaskan bantuan yang dikirim berupa makanan siap saji sebanyak 1.300 paket, makanan anak 1. 000 paket, lauk pauk siap saji 300 paket, tenda gulung 100 lembar, dan tenda keluarga portable 50 unit.

Adapun tim Kemensos dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) juga sudah berada di lokasi.

Baca juga: Kemensos kaji cepat kebutuhan bantuan korban banjir Aceh Tenggara

Sejak Rabu (15/11), kata dia, dapur umum sudah berdiri dan menyediakan 1.700 paket nasi per hari. Kemensos juga telah menerjunkan Tagana (Taruna Siaga Bencana) dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) untuk melakukan evakuasi dan kaji cepat bersama dengan pihak lain.

Banjir bandang yang melanda pada Senin (13/11) di Aceh Tenggara berdampak pada 15 kecamatan dan 63 desa. Wilayah dengan dampak terparah yakni Desa Pasir Puntung di Kecamatan Sumedam.

Banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, mengakibatkan satu balita atas nama MA (2) meninggal dunia karena terseret arus banjir.

Sebanyak 106 unit rumah warga rusak ringan hingga berat akibat banjir bandang yang melanda kabupaten tersebut. Sementara warga terdampak mencapai 4.804 jiwa atau 1.200 Kepala Keluarga (KK).

Baca juga: Pemkab Aceh Tenggara: 106 unit rumah rusak akibat banjir bandang
Baca juga: BPBD Aceh Tenggara: Jalan terisolasi akibat banjir bandang terbuka



 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023