Kami akan tunjukkan pada dunia bahwa kami berada di kelompok tim-tim yang bisa memenangi Piala Dunia...
Rio De Janeiro (ANTARA News) - Kemenangan atas juara Eropa dan dunia, Spanyol, pada final Piala Konfederasi akan membantu Brazil memperoleh kembali kredibilitas yang hilang dan rasa hormat dari fans, kata pelatih Luiz Felipe Scolari menjelang pertandingan Minggu waktu setempat.

Empat kemenangan beruntun atas Jepang, Meksiko, Italia dan Uruguay dalam perjalanan menuju final di Maracana Stadium, Minggu, telah meningkatkan optimisme bahwa Brazil sedang membangun kekuatan timnya kurang dari setahun menjelang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Scolari yakin, memberi kekalahan bagi Spanyol yang langka terjadi dalam pertandingan kompetitif dapat mencengangkan pendukung timnya.

"Kami telah mengatasi banyak rintangan dan kami berkembang bersama selama 30 hari terakhir, dan selama 15 hari pada kompetisi ini, dan akan hebat jika kami memenanginya," kata Scolari seperti dikutip Reuters.

"Spanyol adalah tim yang fantastik, tetapi mereka mempunyai kekurangan-kekurangan dan mereka bisa dikalahkan.

"Saya kira, yang sangat penting bagi kami adalah, dengan kemenangan kami akan memperoleh kembali kredibilitas dan rasa hormat dari fans kami sendiri di Brazil."

Ketika mengalahkan Italia 7-6 melalui adu penalti pada semifinal, Kamis, Spanyol memperpanjang rekor dunia tak terkalahkan mereka dalam pertandingan kompetitif menjadi 29 pertandingan.

Kekalahan terakhir mereka dalam pertandingan kompetitif adalah pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan ketika mereka kalah 0-1 oleh Swiss pada pertandingan pembuka grup.

"Mungkin saat ini Spanyol adalah superior bagi kami," kata Scolari. "Mereka sekarang kurang lebih mempunyai tim yang sama dalam lima atau enam tahun, dan mereka telah memenangi dua gelar juara Eropa dan Piala Dunia sehingga mungkin mereka unggul."
   
Namun, Brazil telah menunjukkan sekilas kejayaan masa lalu selama kompetisi ini.

Ditanya apa pesan yang dikirim ke seluruh dunia hanya setahun sebelum putaran final Piala Dunia digelar di negera tersebut jika Brazil menang atas Spanyol, Scolari mengatakan: "pesan yang sangat jelas bahwa kami berada di jalur yang benar untuk meraih gelar 2014.

"Kami akan tunjukkan pada dunia bahwa kami berada di kelompok tim-tim yang bisa memenangi Piala Dunia, namun sekali pun kami tidak menang pada Minggu seperti yang mungkin terjadi dalam pertandingan sepak bola, saya masih berpendapat banyak yang telah kami selesaikan bulan ini dan sekarang kami ingin membuktikan pada masyarakat Brazil yang telah luar biasa dan sangat mendukung kami."

Scolari memimpin Brazil untuk meraih kemenangan kelima pada final Piala Dunia atas Jerman di Yokohama pada 30 Juni 2002, dan meskipun ia mengatakan tidak hidup di masa lalu atau mengetahui tanggal-tanggal seluruh keberhasilannya, ia akan senang bila meraih kemenangan berikutnya pada tanggal yang sama.

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013