sholat ghaib dan doa bersama ini sebagai bentuk solidaritas dari bangsa Indonesia terhadap situasi yang dialami oleh rakyat Palestina.
Muaradua (ANTARA) - Jajaran Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan menggelar shalat ghaib dan doa bersama untuk memohon keselamatan dan perlindungan bagi rakyat Palestina yang sedang menghadapi perang dengan Israel.

"Sholat ghaib dan doa bersama hari ini tidak lain bertujuan untuk mendoakan keselamatan umat Muslim di Palestina," kata Kepala Bagian Kesra Pemkab OKU Selatan Ruswani di Muaradua, Jumat.

Sholat berjamaah yang digelar di Masjid Agung Al Muhtadin Muaradua, OKU Selatan tersebut diikuti oleh ribuan jamaah dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat setempat.

Dia menjelaskan, sholat ghaib dan doa bersama ini sebagai bentuk solidaritas dari bangsa Indonesia terhadap situasi yang dialami oleh rakyat Palestina.

Kegiatan keagamaan tersebut digelar sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE.12 Tahun 2023 tentang Aksi Solidaritas dan Doa Bersama untuk Palestina.

Doa bersama ini bukan hanya sebagai bentuk simpati, namun juga sebagai tindakan nyata dari negara Indonesia dalam mendukung perjuangan saudara-saudara Muslim di negara tersebut.

"Pentingnya berdoa untuk saudara-saudara kita di Palestina yang tengah menghadapi cobaan dan kesulitan dengan harapan agar mereka diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi ujian yang begitu berat. Semoga perdamaian segera menyelimuti tanah Palestina," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ruswani juga mengumumkan bahwa Fraksi Gerindra telah mengusulkan penggalangan dana sebagai bentuk dukungan bagi saudara-saudara di Palestina.

Penggalangan dana ini akan dilaksanakan melalui lembaga kemanusiaan resmi dan terpercaya, dengan tujuan meringankan beban para korban yang membutuhkan bantuan mendesak seperti bantuan medis, makanan, dan tempat tinggal.
Baca juga: MUI ajak umat Islam laksanakan shalat ghaib untuk syuhada di Palestina
Baca juga: Puluhan ribu warga aksi damai bela Palestina di Surabaya
Baca juga: Ribuan aksi bela Palestina di Lebak kutuk tindakan militer Israel
Baca juga: Solidaritas "people to people" RI-Palestina tak pernah padam

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023