Kondisi terakhir di Kecamatan Trumon Timur air sudah surut, sedangkan di Kecamatan Trumon Tengah air masih mengenangi pemukiman warga dengan ketinggian air 60– 120 sentimeter
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan banjir yang dipicu curah hujan tinggi masih merendam pemukiman penduduk di Kabupaten Aceh Selatan dengan ketinggian air hingga satu meter lebih.

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas di Banda Aceh, Jumat, mengatakan ada dua kecamatan di Aceh Selatan yang terdampak banjir tersebut yakni Kecamatan Trumon Timur dan Kecamatan Trumon Tengah.

“Kondisi terakhir di Kecamatan Trumon Timur air sudah surut, sedangkan di Kecamatan Trumon Tengah air masih mengenangi pemukiman warga dengan ketinggian air 60– 120 sentimeter,” kata Ilyas.

Baca juga: BPBD ingatkan warga waspadai longsor di lintas barat selatan Aceh

Ia menjelaskan banjir luapan air sungai itu mulai terjadi di Aceh Selatan pada Rabu (15/11) sekitar pukul 17.00 WIB. Daerah terdampak meliputi Desa atau Gampong Titi Poben dan Gampong Seneubok Pusaka di Kecamatan Trumon Timur, serta Gampong Cot Bayu dan Gampong Lhok Raya di Kecamatan Trumon Tengah.

Banjir terjadi, kata dia, akibat luapan Sungai Lee Soraya wilayah Sultan Daulat, Kota Subulussalam, yang dipicu curah hujan tinggi. Awalnya banjir tersebut dengan ketinggian air mulai 30-40 sentimeter, namun terus bertambah karena hujan deras.

“Yang terendam rumah warga dan perkebunan warga,” ujarnya.

Baca juga: BNPB bangun tanggul pencegah banjir di Aceh Selatan

Untuk korban terdampak, lanjut dia, di Kecamatan Trumon Timur ada 87 jiwa dalam 19 Kepala Keluarga (KK) dan di Kecamatan Trumon Tengah untuk sementara sebanyak 518 jiwa dalam 128 KK, dan masih dilakukan pendataan, terutama di wilayah Cot Bayu.

“Pengungsi di Kecamatan Trumon Tengah sebanyak 62 jiwa dalam 16 KK. Satu anak balita usia dua tahun warga Desa Lhok Raya meninggal dunia terseret air saat mandi di depan rumah,” ujarnya.

BPBD Aceh Selatan telah mendirikan tenda pengungsi dan mengerahkan rubber boat untuk melakukan evakuasi warga yang akan mengungsi ke posko, sekaligus memberikan bantuan logistik pangan di lokasi pengungsian.

Baca juga: Kemensos kirimkan logistik untuk korban banjir bandang Aceh Tenggara
Baca juga: Kemensos kaji cepat kebutuhan bantuan korban banjir Aceh Tenggara



 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023