Jika sudah selesai, maka bisa serahkan kepada saya langsung atau kepada staf ahli saya di DPR RI. Nanti kami yang minta kepada Kemensos
Pariaman (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), meminta dukungan Komisi VIII DPR RI atas rencana pihaknya bersama Kementerian Sosial (Kemensos) RI merehabilitasi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Rawang.

"Kami ingin TMP di Pariaman sama seperti makam pahlawan di Bogor yang indah. Ada makam, relief, sejarah, dan ruang istirahat, serta gudang," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pariaman Muhammad Rum di Pariaman, Jumat, saat sambutan pada Penyerahan Bantuan Sosial Kemensos bersama Komisi VIII DPR RI di Pariaman, Jumat.
 
Menurutnya, ada 100 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kusuma Bangsa Rawang yang 48 orang diantaranya gugur saat mempertahankan Tanah Air dari agresi Belanda.
 
Ia menyampaikan APBD Pariaman mengalami keterbatasan anggaran sehingga pihaknya kesulitan untuk melaksanakan rehabilitasi untuk TMP tersebut.
 
"Anggaran kami hanya mampu untuk perawatan, sedangkan untuk rehabilitasi tidak mampu," katanya.

Baca juga: Butuh dana tambahan, DPR dukung selesaikan Asrama Haji Padang Pariaman
 
Pihaknya ingin TMP Kusuma Bangsa Rawang juga seperti makam pahlawan yang bagus lainnya, sehingga dapat menjadi destinasi wisata edukasi dan sejarah.
 
"Kami akan siapkan proposalnya untuk Kemensos RI, namun agar proposal ini disetujui maka kami minta dukungan kepada Komisi VIII DPR RI," katanya.
 
Sementara itu anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar John Kenedy Azis mengatakan pihaknya akan menunggu proposal tersebut agar bisa diperjuangkan di tingkat pemerintah pusat.
 
"Jika sudah selesai, maka bisa serahkan kepada saya langsung atau kepada staf ahli saya di DPR RI. Nanti kami yang minta kepada Kemensos," ujarnya.
 
Ia menjelaskan pengelolaan makam pahlawan merupakan kewenangan dari Dinas Sosial di daerah dan Kemensos di tingkat pemerintah pusat. Kemensos, lanjutnya 
merupakan salah satu dari sejumlah mitra kerja Komisi VIII DPR RI.

Baca juga: Legislator: Pariaman manfaatkan bantuan pengembangan pariwisata

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023