San Francisco (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Kamis (16/11) menyerukan perluasan kerja sama China-Meksiko di bidang keuangan, kendaraan listrik (electric vehicle/EV), dan industri-industri baru lainnya.

Xi melontarkan pernyataan tersebut ketika bertemu dengan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador di sela-sela Pertemuan Pemimpin Ekonomi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Presiden China itu juga menyebutkan bahwa kedua pihak harus memanfaatkan mekanisme kerja sama antarpemerintah dengan baik dan memperdalam kerja sama di bidang-bidang tradisional seperti pembangunan infrastruktur.

Persahabatan antara China dan Meksiko tumbuh semakin kuat seiring waktu, ujar Xi.

Dia menyebutkan bahwa tahun lalu kedua negara memperingati 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik, dan tahun ini menandai peringatan 10 tahun peresmian kemitraan strategis komprehensif China-Meksiko.

Xi mengatakan bahwa saat ini, sifat strategis, saling melengkapi, dan saling menguntungkan dari hubungan China-Meksiko telah menjadi semakin menonjol, sementara rasa saling memahami serta dukungan dalam isu-isu yang menyangkut kepentingan inti maupun kekhawatiran utama satu sama lain telah menjadi semakin kuat.

China memandang penting hubungannya dengan Meksiko dan bersedia bekerja sama dengan Meksiko untuk meningkatkan keselarasan strategis, memanfaatkan potensi kerja sama, dan memanfaatkan keuntungan yang saling melengkapi guna mendorong hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi, katanya.

Xi menekankan bahwa China mendukung jalur pembangunan independen Meksiko yang sejalan dengan kondisi nasionalnya dan bersedia untuk memperkuat pertukaran pengalaman dengan Meksiko dalam hal tata kelola negara.

Volume perdagangan bilateral antara China dan Meksiko telah meningkat lebih dari 7.000 kali lipat sejak peresmian hubungan diplomatik, dengan pencapaian kerja sama di berbagai bidang termasuk perkeretaapian, otomotif, dan energi baru yang juga berlimpah, ujar Xi.

Xi menambakan bahwa kedua negara perlu memperkuat kerja sama dalam hal penegakan undang-undang antinarkotika, dan secara aktif mendukung satu sama lain dalam menyelenggarakan acara-acara untuk pertukaran antarmasyarakat, seperti pertunjukan budaya dan pameran.

Kedua pihak harus memperkuat koordinasi multilateral, dengan tegas menjunjung tinggi multilateralisme dan demokrasi dalam hubungan internasional, serta menjaga kesetaraan dan keadilan internasional serta hak dan kepentingan sah negara-negara berkembang, kata Xi.
 
   Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador di San Francisco, Amerika Serikat, 16 November 2023. (Xinhua/Ding Lin)


Menandai peringatan 10 tahun Forum China-Komunitas Negara-negara Amerika Latin dan Karibia (CELAC) tahun depan, Xi mengatakan bahwa China siap untuk bekerja sama dengan Meksiko guna mendorong perkembangan hubungan China-Amerika Latin yang stabil dan berjangka panjang di era baru

Xi kembali menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Lopez atas bencana badai yang baru-baru ini melanda pesisir Pasifik Meksiko dan mengatakan bahwa China akan memberikan bantuan kepada Meksiko dalam hal pengadaan pasokan bantuan bencana.

Sementara itu, Lopez mengatakan baik Meksiko maupun China memiliki peradaban yang luar biasa dan masyarakat kedua negara juga saling mengenal dengan baik serta memperlakukan satu sama lain seperti saudara.

Pada puncak pandemi COVID-19, China merupakan pihak pertama yang menawarkan bantuan, menyediakan sejumlah besar pasokan antipandemi yang berharga ke Meksiko dan membantu negara itu mengatasi berbagai kesulitan, ungkap Lopez.

Dia menambahkan bahwa setelah Meksiko dilanda badai besar baru-baru ini di Samudra Pasifik, China segera mengungkapkan simpati dan dukungannya, dan Meksiko sangat berterima kasih untuk hal itu.

Baik Meksiko maupun China menjaga kemandirian masing-masing dan dengan tegas menentang campur tangan dalam urusan internal negara lain, tuturnya.

Dia menambahkan bahwa Meksiko akan, seperti biasa, mematuhi kebijakannya yang bersahabat terhadap China, saling memberikan dukungan kuat, memfasilitasi investasi perusahaan-perusahaan China di Meksiko, dan memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang, serta kerja sama dalam memerangi produksi dan perdagangan narkoba.

Selain itu, Lopez juga menyebutkan bahwa Meksiko bersedia untuk berkoordinasi secara erat dengan China dalam urusan multilateral, dan secara aktif mendukung hubungan Amerika Latin-China.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023