Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di sebagian besar wilayah ibu kota provinsi cerah berawan pada hari ini, Sabtu.
 
Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, wilayah yang diprediksi cerah berawan pada siang hari ini yakni Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Surabaya, Tarakan, Bandar Lampung, Kupang, Pekanbaru, Kendari, dan Palembang.
 
Sedangkan wilayah Bengkulu, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Ambon, Manokwari, Mamuju, dan Manado akan diselimuti cuaca berawan pada siang hari ini.
 
Namun, beberapa wilayah diprediksi akan diguyur hujan ringan pada siang hari ini, yakni Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Kota Jayapura, Makassar, dan Padang.

Baca juga: BMKG prediksi cuaca Jakarta cerah berawan pada Sabtu

Baca juga: Rumah warga dan asrama TNI Bener Meriah rusak diterjang puting beliung
 
Sementara, Kota Medan diprediksi hujan sedang pada siang hari, dan hujan petir pada malam hari dengan kelembaban 75-95. Kemudian, Kota Banda Aceh dan Kota Mataram juga diprakirakan hujan sedang pada siang hari ini.
 
BMKG memperingatkan masyarakat agar waspada terjadinya hujan petir yang akan terjadi di Pangkal Pinang pada siang hari ini dengan kelembaban 60-95, dan Kota Tanjung Pinang dengan kelembaban 65-95. Sedangkan Kota Pekanbaru dan Palembang diprediksi akan terjadi hujan petir juga pada malam hari nanti dengan kelembaban 60-100.
 
Sebelumnya, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG Wilayah II Hartanto mengatakan puncak musim hujan Indonesia diprakirakan terjadi pada Januari dan Februari 2024.
 
Sementara itu, wilayah Jakarta dan sekitarnya telah memasuki musim hujan pada November 2023. Oleh karena itu, masyarakat serta para pemangku kepentingan diminta mengantisipasi sejumlah potensi dampak musim hujan.
 
"Kami melihat bahwa potensi hujan deras di beberapa tempat sudah terjadi. Kami juga meminta pemda merapikan pohon-pohon di daerah lintasan aktivitas manusia agar tidak tumbang," ujar Hartanto.*

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang setinggi hingga 4 meter di beberapa perairan

Baca juga: BMKG prakirakan tiga wilayah DKI hujan ringan dari siang hingga malam

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023