Jakarta (ANTARA/JACX) - Band heavy metal Amerika Serikat Avenged Sevenfold (A7X) disebut memberikan reaksi terkait konflik kemanusiaan yang saat ini terjadi di Timur Tengah. 

Band yang terkenal dengan lagu "Dear God" ini, sejak akhir Oktober 2023, santer dikabarkan memberikan dukungannya kepada Palestina, sebagaimana dinarasikan sebuah video yang beredar di YouTube

Dalam cuplikan gambar yang ramai dibagikan, para personel Avenged Sevenfold terlihat sedang tampil di sebuah panggung. 

Sang vokalis, M Shadows, kemudian menyanyikan lagu dengan lirik dukungan terhadap Palestina. Bahkan, potongan kalimat syahadat juga tersemat dalam penampilan tersebut. 

Berikut isi lirik lagu yang diklaim sebagai dukungan terhadap Palestina dalam penampilan Avenged Sevenfold:
"We stand together with Palestine.. we fight together for Aqsha.. we stand together with Palestine.. we fight together for Gaza... Laa Ilaaha Illallah... Laa Ilaaha Illalla,".

Lantas, benarkah Avenged Sevenfold dukung Palestina lewat lagu?
 
Tangkapan layar narasi berisi hoaks yang menyatakan Avenged Sevenfold dukung Palestina (YouTube)


Penjelasan:
Aksi panggung band yang dibentuk pada 1999 itu, aslinya berlangsung beberapa tahun sebelum agresi Israel ke Palestina pada Oktober 2023.

Penelusuran ANTARA menunjukkan bahwa penampilan personel Avenged Sevenfold tersebut dihelat di Israel pada Juni 2018.

Sang vokalis, dalam video sebenarnya, sedang menyanyikan lagu "So Far Away", milik band tersebut. Penampilan asli Avenged Sevenfold itu dapat dilihat di video ini. 

Cuplikan gambar yang diklaim sebagai aksi dukungan Avenged Sevenfold kepada Palestina juga dapat dikonfirmasi pada detik ke-10, di video aslinya.

Melalui kolom komentar video yang dibagikan pada 2023 juga terungkap, bahwa aksi M. Shadows yang menyanyikan lagu tentang Palestina itu dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan disebarkan sebagai parodi.

Hoaks parodi diklasifikasikan sebagai penayangan informasi salah yang tidak disertai niat jahat. Namun, bisa mengecoh para penerimanya.

Klaim: Avenged Sevenfold dukung Palestina lewat lagu
Rating: Hoaks Parodi 

Cek fakta: Hoaks! Bella Hadid dukung Israel

Baca juga: Aksi Avenged Sevenfold untuk The Fallen Indonesia

Baca juga: A7X: Indonesia tempat manggung favorit


 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023