Ada 36 'homestay' di kawasan Pantai Sinalsal yang dapat dijadikan alternatif penginapan
Medan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Sumatera Utara, menyediakan homestay atau rumah tinggal sebagai alternatif penginapan pada ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Pantai Sinalsal di Desa Tongging Kecamatan Merek.

"Di kawasan Pantai Sinalsal penginapan bertaraf hotel sebanyak 365 kamar yang dapat menampung 10.000 orang," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting di Medan, Sabtu.

Ia melanjutkan jika nanti kamar hotel tersebut penuh, pihaknya telah menyediakan alternatif penginapan yakni rumah warga dijadikan rumah tinggal.

"Ada 36 'homestay' di kawasan Pantai Sinalsal yang dapat dijadikan alternatif penginapan," ucapnya.

Munarta mengatakan Pemkab Karo telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang menyediakan rumah tinggal tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung.

Baca juga: BPODT: 50 sukarelawan Aquabike World Championship rangkap duta wisata

Baca juga: PHRI: Okupansi hotel naik 80 persen jelang Aquabike Jetski 2023


"Kami sudah mengimbau kepada pemilik hotel maupun homestay untuk harga penginapan hotel masih normal," ucapnya.

Selain hotel dan rumah tinggal, Munarta mengatakan pihaknya juga menjadikan tempat camping di kawasan Desa Tongging. Jadi, menurutnya pengunjung juga bisa menginap di tempat tersebut sambil merasakan keindahan pinggiran Danau Toba.

Selain mengadakan Aquabike Jetski, Pemkab Karo juga mengadakan acara tambahan di antaranya Karo Music Camp dan paralayang.

Direktur Pemasaran dan Pariwisata InJourney, Maya Watono, menyebutkan untuk pertama kalinya Pesta Rakyat Danau Toba akan diselenggarakan selama lima hari pada 22-26 November 2023 di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi dan Toba.

"Pesta Rakyat Danau Toba ini akan mendampingi ajang olahraga air bertaraf internasional, Aquabike Jetski World Championship. Bagi warga dan wisatawan yang akan berkunjung ke ajang tersebut tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.

Baca juga: Pemkab Karo gelar agenda tambahan untuk memeriahkan Aquabike 2023

Baca juga: Sandiaga: Okupansi penginapan sekitar Danau Toba capai 50 persen

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023