Gerakan Tani Masuk Sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat generasi muda di bidang pertanian menuju pertanian maju, mandiri dan modern
Nias Utara (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan Gerakan Tani Masuk Sekolah (Gertanimas) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian.

"Gerakan Tani Masuk Sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat generasi muda di bidang pertanian menuju pertanian maju, mandiri dan modern," ujar Hassanusin usai berkunjung ke Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Tuhemberua, di Kabupaten Nias Utara, Sabtu.

Ia mengatakan Gertanimas ini sangat berperan untuk mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda yang diharapkan mampu mengatasi masalah regenerasi petani di wilayah itu.

“Kita edukasi sejak dini minat generasi muda di sektor pertanian, sekaligus untuk mengatasi masalah regenerasi petani agar ketersediaan dan akses pangan kita tetap terjaga," kata Hassanudin.

Selain meningkatkan pengetahuan siswa tentang budidaya pertanian, kata dia, Gertanimas ini juga diharapakan mampu menumbuhkan semangat generasi muda untuk menjadi agripreneur sukses.

"Gertanimas merupakan program yang digagas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara untuk memperkenalkan tentang budidaya pertanian dan merupakan suatu peluang kerja bagi peserta didik," sebutnya

Pada kesempatan tersebut, juga melaksanakan penandatangan MoU tentang Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri Praktek Kerja Lapangan (PKL), antara Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nias Utara dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara, dengan seluruh SMK di Kabupaten Nias Utara.

"Saya berpesan kepada para guru agar mempersiapkan siswa supaya setelah tamat dapat bisa langsung siap pakai dan dapat berkontribusi di lapangan, terutama ikut memajukan sektor pertanian di Nias Utara," ujarnya.

Baca juga: Gubernur berharap Karo Agro Expo dapat tingkatkan pertanian di Sumut
Baca juga: Pemprov Sumut canangkan program petani milenial

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023