Pontianak (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menggenjot kader di Kalimantan Barat untuk memenangkan partainya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Bumi Khatulistiwa itu.

“Mengarahkan untuk semua bekerja keras untuk bisa memenangkan PSI di Bumi Khatulistiwa di Pemilu 2024 nanti,” kata Kaesang usai Kopi Darat Wilayah (Kopdarwil) Pengurus dan Caleg PSI Se-Kalimantan Barat di Pontianak, Sabtu.

Sementara itu, terkait pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kalimantan Barat, Kaesang mengaku partainya telah memiliki strategi tertentu.

“Ya, nanti kita coba, strateginya ada,” ucapnya.

Akan tetapi, Kaesang enggan membeberkan strategi yang dimaksud.

“Masa ngomong di sini,” imbuhnya sedikit berkelakar.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Kalimantan Barat Alexius Akim membeberkan pihaknya bertekad untuk merebut kursi pada pemilu mendatang.

Untuk DPR RI, kata Akim, PSI Kalimantan Barat menargetkan setidaknya merebut masing-masing satu kursi dari dua daerah pemilihan (dapil).

“Untuk DPR RI, kita kan dua dapil. Dari dua dapil itu kan dapil satu itu ada delapan kursi, dapil dua ada empat kursi. Target kita sih dua: pertama, di dapil satu, satu; dapil dua, satu,” papar Akim ketika dikonfirmasi.

Sementara untuk DPRD Provinsi, sambung dia, pihaknya menargetkan PSI Kalimantan Barat bisa memenangkan satu fraksi. “Satu fraksi itu artinya kita paling tidak lima atau enam orang yang harus masuk,” terang Akim.

Kemudian, untuk DPRD Kabupaten/Kota, PSI Kalimantan Barat menganalisis setidaknya ada lima kabupaten/kota yang berpotensi untuk memenangkan satu fraksi.

“Jadi dari 14 kabupaten (14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat, red.) itu, berarti kan lima kabupaten ini berpotensi satu fraksi. Sedangkan yang sisanya lagi itu, ya, minimal satu orang,” kata Akim.

Diketahui, Kaesang melanjutkan safari politiknya dengan berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat, dalam rangka menyapa warga dan menemui kader untuk menyelaraskan langkah menuju Pemilu 2024.

"Konsolidasi PSI di sini," ujar Kaesang.

Sejumlah jajaran petinggi PSI tampak mendampingi Kaesang, yakni Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, anggota Dewan Pembina PSI Giring Ganesha dan Isyana Bagoes Oka, serta Ketua DPP PSI Satia Chandra Wiguna.

"Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan Mas Kaesang di Pontianak. Tujuan utama adalah menyapa dan menyerap warga serta menemui kader PSI untuk menyelaraskan langkah," ucap Chandra menjelaskan maksud kunjungan Kaesang.
Baca juga: Kaesang sambut aspirasi warga saat kunjungi Pasar Flamboyan Pontianak
Baca juga: Ketua Umum PSI kunjungi Pontianak, sapa warga dan selaraskan langkah
Baca juga: TKN: Sikap hormat Gibran-Kaesang ke Megawati penting untuk anak muda

 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023