Mamuju (ANTARA) - Kapolres Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Amri Yudhy, mengajak masyarakat di daerah itu untuk ikut bersama-sama menciptakan pemilu damai.

"Upaya kolaboratif antara aparat kepolisian dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan pemilu yang aman dan berintegritas di Kabupaten Mamuju Tengah," kata Amri Yudhy, Sabtu.

Ia juga mengajak masyarakat proaktif melaporkan hal-hal yang dicurigai dapat merugikan Pemilu 2024 ke kantor polisi terdekat.

"Harapan kami, semoga masyarakat Kabupaten Mamuju Tengah semakin cerdas dalam menyikapi berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu pesta demokrasi dalam Pemilu 2024,” katanya.

Pada kesempatan itu, Amri Yudhy mengingatkan seluruh personel Polres Mamuju Tengah untuk tetap menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilu 2024.

Kapolres menegaskan bahwa anggota Polri wajib tetap netral dan mewaspadai segala bentuk keakraban yang dapat mengganggu netralitas.

"Saya ingatkan anggota Polri wajib netral, jangan sampai terjebak dengan segala bentuk keakraban dan kedekatan yang nantinya bisa mengakibatkan kita semua tidak netral," tegas Amri Yudhy.

Kapolres juga menekankan larangan memberikan dukungan pada partai politik atau calon legislatif dan calon presiden dan wakil presiden.

"Tidak boleh memberikan dukungan pada salah satu partai politik atau para calon baik legislatif maupun presiden dan wakil presiden apapun bentuknya," ujar Amri Yudhy.

Ia juga menyampaikan bahwa peran Polri dalam Pemilu 2024, yakni bertanggung jawab melakukan pengawalan terhadap logistik pemilu, tempat pemungutan suara dan juga mengawasi jalannya kampanye para calon legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden.

Selain itu tambahnya, Polri juga terlibat dalam upaya pendidikan pemilih, turut memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu, prosedur pemilihan yang benar serta hak dan kewajiban pemilih.

“Dengan cara ini, Polri membantu meningkatkan kesadaran politik masyarakat dan mendorong partisipasi yang aktif dalam proses demokrasi," ujar Amri Yudhy.

Peran Polri dalam pemilu menurut Amri Yudhy, sangat penting dalam mempertahankan stabilitas negara dan memastikan keadilan serta integritas demokrasi.

"Tentunya, kami berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Mamuju Tengah untuk ikut serta mensukseskan Pemilu Serentak 2024, dengan sama-sama menjaga situasi keamanan, tidak terpecah belah dan tidak termakan dengan informasi hoaks," terang Amri Yudhy.

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023