Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora dalam sepekan terakhir yang mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai biaya penyelenggaraan haji 2024 hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut tidak pernah rilis daftar produk terafiliasi Israel.

Selain itu, ada pula warta tentang nyamuk Wolbachia hingga target imunisasi HPV. Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam rangkuman berikut.


2. Pemerintah usul rata-rata biaya BPIH Rp105 juta per orang

Pemerintah mengusulkan rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp105 juta per orang untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, pemerintah mengusulkan rata-rata BPIH per jamaah Rp105.095.032," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin.

2. Kemenkes: Hasil uji Wolbachia efektif tekan dengue

Inovasi wolbachia efektif menurunkan kasus dengue atau demam berdarah berdasarkan keberhasilan hasil uji di berbagai negara, kata pejabat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Pemanfaatan teknologi wolbachia telah dilaksanakan di sembilan negara dan hasilnya terbukti efektif untuk pencegahan dengue," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

3. BMKG: Suhu udara permukaan di Indonesia naik 1,3 derajat Celcius

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa suhu udara permukaan di Indonesia diproyeksikan akan terus naik sebesar 1,3 derajat Celcius sebagai dampak dari perubahan iklim dan emisi gas rumah kaca.

"Kenaikan suhu diproyeksikan semakin meningkat hampir di seluruh wilayah Indonesia dalam periode 2020-2049, bisa mencapai 1,3 derajat Celcius dibandingkan suhu rata-rata tahunan periode sebelumnya selama 1976-2005 sebagai baseline-nya," kata Dwikorita saat memberikan sambutan secara daring di Jakarta, Rabu.

4. Menkes targetkan 90 persen anak Indonesia terimunisasi HPV pada 2030

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menargetkan 90 persen anak Indonesia terimunisasi human papillo virus (HPV) pada 2030 mendatang guna mengeliminasi kanker serviks.

Target tersebut tertuang dalam Rencana Aksi Nasional Eliminasi Kanker Serviks Indonesia (2023-2030) yang dideklarasikan bersama antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden AS Joseph R. Biden, Jr. usai pertemuan bilateral antara kedua Pemimpin di Gedung Putih pada Senin (13/11).

5. MUI sebut tidak pernah rilis daftar produk terafiliasi Israel

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyatakan pihaknya tidak pernah merilis daftar produk dari perusahaan-perusahaan yang terafiliasi atau mendukung Israel.

"Sehubungan dengan banyaknya berseliweran nama-nama produk pro Israel atau merek yang terafiliasi dengan negara tersebut, maka MUI perlu menjelaskan bahwa MUI tidak pernah mengeluarkan daftar produk dari perusahaan-perusahaan yang mendukung dan atau terafiliasi mendukung israel," kata Anwar Abbas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023