Piala Dunia U17

Spanyol waspadai kekuatan Samurai Biru di 16 besar Piala Dunia U-17

Spanyol waspadai kekuatan Samurai Biru di 16 besar Piala Dunia U-17

Pesepak bola Timnas Spanyol Daniel Yanez (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Uzbekistan Azizbek Tulkunbekov (kanan) pada pertandingan penyisihan Grup B Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/11/2023). Kedua tim bermain imbang 2-2. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Timnas Spanyol U-17, Jose Maria Lana Fernandez mewaspadai kekuatan tim Samurai Biru Jepang di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 Indonesia yang akan tersaji di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/) pukul 19.00 nanti.

Saat berada di Lapangan Kota Barat, Solo, Minggu, Jose Lana memperingatkan anak asuhannya untuk berhati-hati dengan kekuatan Jepang yang menurutnya mempunyai taktik dan fisik yang bagus.

"Jepang merupakan tim yang sangat kuat. Apalagi saat ini kami sudah memasuki babak 16 besar. Artinya, semua lawan yang akan kami hadapi akan lebih kuat,” kata Jose Lana, melalui keterangan resmi, Minggu.

"Saya pikir, Jepang sudah memperlihatkan sejumlah keunggulan di Piala Dunia U-17 2023, baik itu secara taktik maupun fisik. Oleh karena itu, kami harus tetap berhati-hati," ujarnya melanjutkan.

Baca juga: Spanyol segel satu tempat di 16 besar seusai tekuk Mali 1-0

Berbekal dua kemenangan dan satu hasil imbang di babak fase grup, juru taktik berusia 48 tahun itu meyakini, Marc Guiu dan kawan-kawan dapat menatap laga 16 besar nanti dengan tanpa beban.

"Saya selalu berusaha untuk membuat para pemain tetap fokus dengan tujuan yang ingin kami capai di Piala Dunia U-17 2023 ini. Kami mencoba membuat pemain tidak tertekan di babak 16 besar nanti," ucapnya.

Salah satu pemain Jepang yang selama ini mencuri perhatian adalah Rento Takaoka, striker 16 tahun yang selalu mencetak gol pada tiga pertandingan babak fase grup Piala Dunia U-17.

Dari tiga laga itu, Rento Takaoka mengemas empat gol dan membuat dirinya bertengger di puncak daftar top skor sementara Piala Dunia U-17, bersama striker andalan Brasil U-17 Kaua Elias.

Mengenai hal itu, Jose Lana enggan ambil pusing karena ia tidak ingin timnya terlalu fokus kepada satu pemain lawan dan baginya cara terbaik untuk memenangkan laga ialah dengan tetap memperagakan gaya permainan La Rojita, yakni dengan memaksimalkan dominasi penguasaan bola.

"Kami akan tetap melakukan persiapan dan memperagakan gaya permainan kami seperti biasa. Kami berusaha untuk menjadi diri kami sendiri. Tidak ada perubahan apa pun meskipun menghadapi lawan yang bermacam-macam," ujarnya.

Sementara itu, gelandang Timnas Spanyol U-17, Roberto Martin optimistis negaranya dapat melaju ke babak perempat final. Pemain binaan akademi Real Madrid itu mengaku siap untuk menampilkan permainan terbaiknya agar bisa meraih kemenangan.

"Jepang adalah lawan yang kuat dan pasti sulit tetapi kami akan tetap berusaha yang terbaik agar bisa menampilkan permainan yang terbaik," kata pemain kelahiran 12 Agustus 2006 itu.

"Saya tidak merasa nervous untuk menghadapi 16 besar ini. Kami akan tetap berusaha menjadi saya sendiri, supaya nanti hasil pertandingannya bagus," kata dia melanjutkan.

Baca juga: Striker Jepang Gaku Nawata siap jawab ekspektasi di Piala Dunia U-17

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar