Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin (19/11) yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

1. Ganjar temui JK, diskusi tentang netralitas aparat negara

Calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menemui Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) untuk berdiskusi terkait netralitas aparat negara di Pemilu 2024.

Ganjar mengklaim diskusi tersebut bukan ajakan agar Jusuf Kalla mendukungnya.

"Kami ngga mengajak (untuk mendukung) kok, kita silaturahmi aja,” kata Ganjar usai bertemu dengan JK selama sekitar 1 jam di Kediaman JK, di Jakarta, Minggu.

Namun Ganjar mengaku tak keberatan apabila JK memberikan dukungan padanya.

Selengkapnya baca disini.

2. Jokowi tiba di Tanah Air usai lawatan ke dua negara

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, sekitar pukul 03.10 WIB, setelah melakukan lawatan ke Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, Jokowi tiba usai menempuh penerbangan selama kurang lebih 21 jam dari San Francisco, Amerika Serikat.

Ikut menyambut kedatangan Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Sebelum tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi beserta rombongan terlebih dahulu transit selama dua jam di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang, pada Sabtu (18/11), pukul 20.20 waktu setempat, untuk mengisi bahan bakar pesawat.

Selengkapnya baca disini.

3. Panglima TNI mutasi 60 pati termasuk danlanud Abdulrachman Saleh

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan mutasi, rotasi, dan promosi terhadap 60 perwira tinggi (pati), termasuk jabatan komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, guna optimalisasi tugas-tugas pokok TNI.

Kebijakan yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1324/XI/2023 dan diteken Yudo pada Jumat (17/11) itu dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda TNI Julius Widjojono saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Dari 60 pati yang tercantum namanya dalam SK tersebut, 25 di antaranya berasal dari matra TNI Angkatan Udara, 25 perwira tinggi TNI Angkatan Darat, dan 10 lainnya dari TNI Angkatan Laut.

Selengkapnya baca disini.

4. Gibran hadiri Silaturahmi Desa Bersatu di GBK

Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menghadiri kegiatan Silaturahmi Desa Bersatu yang digelar beberapa asosiasi perangkat desa di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu.

Gibran tiba di lokasi acara pada Minggu sore pukul 15.24 dengan didampingi istrinya Selvi Ananda. Massa yang sudah memadati lokasi acara pun berebut untuk bersalaman dan berswafoto dengan Gibran.

Di lokasi sudah hadir beberapa tokoh, yakni Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dan mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Selengkapnya baca disini.

5. 220 imigran Rohingya masuk ke perkampungan di Pidie, Aceh

Sebanyak 220 etnis Rohingnya kembali berlabuh di wilayah Kabupaten Pidie, kali ini mereka langsung masuk ke perkampungan dan singgah di mushala Gampong Kulee Kecamatan Batee Kabupaten Pidie, Aceh.

“220 etnis Rohingya diketahui warga sekitar pukul 03.00 WIB, sudah berada di pekarangan meunasah (mushala),” kata Camat Batee Ihsan, di Pidie, Minggu.

Ihsan mengatakan 220 orang pengungsi Rohingya itu diantaranya lelaki dewasa berjumlah 68 orang, perempuan dewasa 79 orang dan anak-anak 73 orang.

Ratusan pengungsi Rohingya yang dibawa dengan kapal motor tersebut saat ini masih berada di Meunasah, dan sedang dilakukan pendataan oleh pihak keamanan serta IOM dan UNHCR.

Selengkapnya baca disini.

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023