Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa politik kemarin (1/4) menjadi sorotan di antaranya berbagai persiapan untuk pemilihan kepala daerah(pilkada) sampai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Presiden China Xi Jinping dalam lawatan luar negeri perdananya sejak Prabowo ditetapkan KPU sebagai calon presiden terpilih.

Berikut beberapa berita politik kemarin rangkuman ANTARA yang menarik untuk kembali dibaca:

PDIP buka opsi koalisi dengan Gerindra dan Golkar pada Pilkada 2024

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya membuka opsi koalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Golkar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Dinamika politik di tingkat nasional dengan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota itu berbeda karena pilkada itu perspektifnya lebih ke lokal, sehingga kerja sama memang dimungkinkan dengan Gerindra, dengan Golkar," kata Hasto ditemui wartawan di kawasan Menteng, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Komisi II DPR tunda raker soal pemilu karena KPU tak hadir

Komisi II DPR RI menunda rapat kerja atau rapat dengar pendapat (RDP) terkait penyelenggaraan Pemilu 2024 karena perwakilan dari KPU tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut.

Ketua DPR Ahmad Doli mengatakan agenda yang dijadwalkan digelar pada Senin ini, merupakan tindak lanjut dari agenda rapat sebelumnya pada 25 Maret 2024 soal penyelenggaraan pemilu.

Selengkapnya baca di sini.

KSP sebut tim transisi pemerintahan dipimpin langsung Presiden Jokowi

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan bahwa tim transisi pemerintahan akan dibentuk dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Insya Allah akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan saya kira tidak lama itu," kata Ngabalin saat ditemui di Kantor Staf Presiden Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo ke Presiden Xi tegaskan China mitra kunci RI jaga stabilitas

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Presiden China Xi Jinping menyampaikan bahwa China merupakan mitra kunci RI untuk menjaga stabilitas dan memelihara perdamaian di kawasan.

Oleh karena itu, Prabowo kepada Presiden Xi menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kemitraan yang telah terjalin antara Indonesia dan China.

Selengkapnya baca di sini.

Wapres berharap kepemimpinannya bersama Presiden Jokowi husnulkhatimah

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berharap kepemimpinannya bersama Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju bisa berakhir dengan baik atau husnulkhatimah.

"Saya berharap bahwa kepemimpinan saya dan Pak Jokowi berakhir dengan husnulkhatimah," kata Wapres dalam sambutannya pada acara buka puasa bersama wartawan Istana Wakil Presiden di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Senin malam.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024