Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Kamis (21/3). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.
 
1. Tim hukum Anies-Muhaimin resmi daftarkan gugatan pemilu di MK
 
Tim hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menyambangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mendaftarkan secara resmi permohonan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau gugatan pemilu.
 
“Alhamdulillah, kami telah resmi mendaftarkan ke MK. Pagi ini, kami didampingi oleh Kapten Tim Nasional AMIN, Syauqi. Alhamdulillah, kawan-kawan dari MK menerima dengan baik,” kata Ketua Tim Hukum Nasional AMIN Ari Yusuf Amir di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).
 
Selengkapnya baca di sini.


2. Anies tanggapi ucapan selamat Surya Paloh kepada Prabowo-Gibran
 
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan turut menanggapi ucapan selamat dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kepada pasangan presiden-wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
 
"Jadi, kami menghormati dan menghargai. Kami juga menghormati langkah yang diambil oleh semua partai-partai lain dan harapannya nanti kita akan melihat demokrasi lebih baik," kata Anies di Jakarta, Kamis (21/3).

Selengkapnya baca di sini.


3. Ganjar-Mahfud akan gugat hasil Pilpres 2024 ke MK
 
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan menggugat hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).
 
"Selama sebulan terakhir saya dan Pak Mahfud berkeliling untuk melihat mendengar serta menerima banyak masukan tokoh masyarakat. Mereka menyampaikan pada kami tentang cerita-cerita proses pemilu yang terjadi di Indonesia tentang beberapa masalah," ujar Ganjar di Kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis (21/3).
 
Selengkapnya baca di sini.


4. Panglima TNI: Isu 10 WNI jadi tentara bayaran Ukraina hoaks

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menepis adanya isu tentang 10 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi tentara bayaran Ukraina.
 
"Kami sudah cek ke Kedutaan Rusia, juga tidak ada, hoaks itu," kata Agus ditemui usai rapat kerja bersama Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3).
 
Selengkapnya baca di sini.


5. Jokowi apresiasi kinerja KPU rampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2024
 
Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang telah berhasil merampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024.
 
"Kita patut bersyukur proses penghitungan, proses rekapitulasi dan penghitungan suara tadi malam sudah selesai dilakukan oleh KPU. Saya sangat menghargai, mengapresiasi proses-proses yang ada dan kerja keras KPU, Bawaslu patut kita apresiasi sehingga semuanya berjalan dengan baik dan tepat waktu," kata Jokowi, Kamis (21/3).
 
Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024