Jakarta (ANTARA) - Gunung Dukono yang terletak di utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, meletus melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 2.600 meter. Berita itu menjadi salah satu berita terpopuler dalam kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Minggu (19/11) kemarin.
 
Selain itu, banjir yang terjadi di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat berdampak terhadap ribuan orang harus mengungsi dari wilayah tersebut. Bencana hidrometeorologi itu terjadi akibat hujan deras selama sepekan yang menyebabkan sungai-sungai meluap ke pemukiman warga.
 
Berikut rangkuman pemberitaan terpopuler selengkapnya:
 
Gunung Dukono meletus Minggu pagi, semburkan abu setinggi 2.600 meter
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat adanya letusan berupa semburan abu vulkanik setinggi 2.600 meter yang keluar dari kawah Gunung Dukono di Maluku Utara.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
UGM: Wolbachia hanya dapat hidup di serangga
 
Peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Adi Utarini mengatakan bakteri Wolbachia hanya dapat hidup di dalam sel tubuh serangga, sehingga tidak berisiko memicu penyakit baru yang dapat mengancam kesehatan manusia.
 
"Wolbachia adalah bakteri yang hanya dapat hidup di dalam tubuh serangga, termasuk nyamuk dan tidak dapat bertahan hidup di luar sel tubuh serangga," ujarnya.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
BPBD Kalbar: 1.242 warga di Landak terdampak banjir
 
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Informasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat Daniel mengatakan sebanyak 1.242 warga Desa Meranti, Kecamatan Meranti, Kabupaten Landak, terdampak banjir.
 
Banjir yang terjadi sejak 16 November 2023 itu melanda tujuh dusun di Desa Meranti yang mengakibatkan 359 Kepala Keluarga atau sekitar 1.242 jiwa beserta sejumlah fasilitas umum terdampak banjir.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Ribuan warga Sidoarjo aksi damai peduli Palestina
 
Ribuan warga Sidoarjo Jawa Timur melakukan aksi damai peduli Palestina sambil membawa bendera dan poster memberikan dukungan terhadap warga negara Palestina yang sudah banyak korban jiwa baik orang dewasa hingga anak-anak atas penindasan Israel.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Kemendikbudristek: Kontribusi pegiat tari besar pada pemajuan budaya
 
Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menyatakan seni tari dan pegiatnya sangat berkontribusi besar terhadap upaya pemajuan kebudayaan yang sedang digencarkan pemerintah.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023