... Makasar-Ternate (UPG-TTE) sudah mencapai Rp1,3 juta... "
Makassar (ANTARA News) - Harga tiket pesawat di sejumlah agen biro perjalanan di Makassar, melambung hingga diatas 50 persen dari harga normal menjelang bulan suci Ramadhan.

"Permintaan tiket sejak pekan lalu, cukup tinggi karena bertepatan pula dengan hari libur sekolah dan menjelang Ramadhan," kata salah seorang agen tiket Iramasuka, Novi, di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, pada musim liburan ini, harga tiket penerbangan selalu melonjak, sehingga pihak travel menjual ke konsumen sesuai dengan perubahan harga yang ada.

Sebagai gambaran, tiket Makassar-Kendari (UPG-KDI) atau sebaliknya yang biasanya hanya sekitar Rp400.000, kini harus ditebus Rp800.000 per kursi.

"Begitu pula Makasar-Ternate (UPG-TTE) sudah mencapai Rp1,3 juta padahal biasanya hanya Rp650.000 perorang," katanya.

Hal senada dikemukakan staf penjualan tiket M-Travel di Makassar, Sinta.

Dia mengatakan, pada musim libur sekolah dan memasuki bulan suci Ramadhan, selalu terjadi peningkatan permintaan tiket. Sementara kapasitas kursi yang tersedia cenderung tetap.

"Kalaupun ada yang mendapatkan tiket murah, itu karena jauh-jauh hari sudah memesan atau membeli terlebih dahulu," katanya.

Namun jika satu atau dua hari sebelum pemberangkatan, lanjut dia, rata-rata harga tiketnya sudah naik di atas 50 persen dari harga normal.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013