Jakarta (ANTARA) - Mantan Direktur Riset Kebijakan dan Kerja Sama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tikki Pangestu mengatakan Indonesia berpeluang menurunkan angka perokok dengan mengoptimalkan produk tembakau alternatif.

"Memaksimalkan produk tembakau alternatif seperti yang dilakukan Swedia dan Norwegia, Indonesia berpeluang besar untuk menurunkan angka perokok," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin.
 
Tikki mengatakan prevalensi merokok di Indonesia sudah menembus angka 69,1 juta jiwa. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan dukungan terhadap pemanfaatan tembakau alternatif.

Baca juga: Tembakau alternatif bisa jadi solusi masalah rokok di Indonesia
 
Menurutnya, Swedia dan Norwegia dapat menjadi contoh bagi Indonesia, karena berhasil menurunkan prevalensi merokok melalui pemanfaatan produk tembakau alternatif, seperti kantong nikotin, rokok elektronik, dan produk tembakau yang dipanaskan.
 
"Saya sangat terkesan dengan apa yang terjadi di Swedia dan Norwegia. Saya berharap hal itu bisa terjadi di Indonesia,” kata Tikki.
 
Pada November 2022, Swedia mengumumkan tingkat merokok turun menjadi 5,16 persen dari sebelumnya 11 persen pada tahun 2015. Prestasi itu diwujudkan melalui strategi pengurangan bahaya tembakau dengan memaksimalkan produk tembakau alternatif dan menjadikan Swedia sebagai negara bebas asap pertama di Eropa.
 
Berdasarkan data macrotrends.net, Norwegia berhasil menurunkan prevalensi merokok secara signifikan. Pada tahun 2000, prevalensi merokok di Norwegia sebesar 44 persen dan dalam 20 tahun prevalensi merokok turun menjadi 16,20 persen.
 
Tikki menyarankan pemerintah Indonesia untuk menghapus berbagai hambatan mulai dari ekonomi-politik, sosial-budaya, dan kebijakan agar potensi dari produk tembakau alternatif bisa optimal.
 
Sementara itu, Peneliti Senior Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia, Karl Erik Lund mengatakan Norwegia dan Swedia memiliki posisi yang unik dalam menilai risiko kesehatan masyarakat.
 
Kedua negara memberikan akses bagi produk tembakau alternatif, seperti rokok elektronik, produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin (snus) untuk bersaing dengan rokok di pasar.

Baca juga: Akademisi: Tembakau alternatif berpotensi tekan prevalensi merokok

Baca juga: Penelitian sebut profil risiko tembakau alternatif lebih rendah
 
Dengan strategi pengurangan bahaya tembakau yang diterapkan tersebut, prevalensi merokok di negara-negara Skandinavia mengalami penurunan.
 
Produk tembakau alternatif yang popular digunakan di Norwegia dan Swedia adalah kantong nikotin.
 
Karl mengungkapkan bahwa kantong nikotin tidak sepenuhnya bebas risiko kesehatan. Namun, produk itu menawarkan pengurangan risiko kesehatan jika dibandingkan terus merokok.
 
“Snus menjadi metode paling populer untuk berhenti merokok. Sebagian besar pengguna snus kini sudah menjadi mantan perokok,” pungkas Karl.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023