Baik layanan suara, sms, maupun data ditingkatkan kualitasnya.
Yogyakarta (ANTARA News) - Belajar dari tahun-tahun sebelumnya dimana terhadi peningkatan trafik yang tinggi pada berbagai layanan telekomunikasi, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya.

"Baik layanan suara, sms, maupun data ditingkatkan kualitasnya. Untuk kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,45 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 150 Terabyte/hari," kata Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanta di Yogyakarta, Selasa.

Peningkatan kapasitas ini, lanjutnya, didasarkan pada pengalaman Ramadan, mudik dan lebaran tahun-tahun sebelumnya, serta prediksi kenaikan trafik yang akan terjadi pada tahun ini.

Sebagai persiapan memasuki Ramadhan, Indosat menggelar uji jaringan pada Selasa (2/7) yang dilakukan secara mobile terus-menerus di sepanjang jalur Solo – Yogyakarta yang dimulai dari Bandara Adi Sumarmo, Solo yang menjadi salah satu lokasi sibuk saat musim mudik lebaran.

Uji jaringan juga dilakukan sepanjang jalur utama Solo – Klaten – Yogyakarta yang juga melewati Candi Prambanan sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah.

Dari uji jaringan ini, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 98,4 persen, tingkat call drop 0,02 persen, tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100 persen dengan rata-rata kecepatan pengiriman 5,3 detik.

Akses internet dilakukan secara bergerak (mobile) di wilayah Pakem, Kaliurang dimana Indosat telah melakukan Modernisasi BTS-nya, hasil rata-rata kecepatan yang dicapai adalah 2,5 Mbps, dan maksimal kecepatan mencapai 5,2 Mbps utk mobile download youtube (multiple streaming).

Beberapa parameter yang diukur dalam drive test kali ini antara lain mengukur tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS, serta kecepatan layanan data seperti saat melakukan browsing, video streaming, dan download.(*)

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013