Pertamina Patra Niaga dan ENOC memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memajukan industri aviasi secara global....
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga menggandeng perusahaan energi Uni Emirat Arab yakni Emirates National Oil Company (ENOC) dalam rangka memperluas pasar avtur secara global.

“Kedua belah pihak telah mengidentifikasi potensi kolaborasi yang dapat dilakukan. Di antaranya melalui kerja sama investasi, operasional, suplai, storage, dan distribusi produk bahan bakar penerbangan di bandara-bandara Internasional. Selain itu, turut memperkuat kerja sama yang sudah berjalan dengan ENOC, yaitu penyediaan bahan bakar pesawat udara melalui skema conco delco atau contracting company, delivery company,” kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan dalam keterangannya, di Jakarta, Senin.

Riva mengatakan, melalui kerja sama ini Pertamina Patra Niaga dan ENOC sepakat untuk mengeksplorasi dan menguji potensi kerja sama di bidang operasi maupun komersial untuk mendukung ekspansi pasar dalam hal penyediaan, distribusi, dan pemasaran bahan bakar pesawat udara secara global.

Pertamina Patra Niaga melakukan kerja sama strategis dengan ENOC, perusahaan energi asal Uni Emirat Arab yang memiliki pengalaman di bidang layanan bahan bakar penerbangan.

Kerja sama ini dilakukan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Al Maktoum International Airport, Dubai, Uni Emirat Arab. Adapun perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Managing Director ENOC Commercial and International Sales Burhan Al Hashemi dan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan.

Riva mengatakan, melalui kerja sama ini, kedua belah pihak juga turut menjajaki upaya mengurangi emisi karbon di industri penerbangan, dengan membuka peluang pengembangan Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau bioavtur, maupun Low Carbon Aviation Fuel (LCAF) yang memiliki potensi di pasar domestik maupun global.

“Pertamina Patra Niaga dan ENOC memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memajukan industri aviasi secara global dan terus berinovasi untuk mengurangi emisi karbon. Kolaborasi ini menjadi komitmen kami untuk terus menyediakan layanan yang terbaik bagi konsumen, dan secara bersamaan terus memprioritaskan aspek keselamatan dan kualitas produk yang sesuai dengan standar internasional,” katanya pula.

Hal ini sejalan dengan visi Pertamina Patra Niaga, yaitu to be a world-class aviation fuel provider and marketer with a global network.

Sementara itu, Group CEO ENOC Saif Humaid Al Falasi menyambut baik kerja sama strategis yang dilakukan ENOC dengan Pertamina Patra Niaga.

“Kami menyambut baik kolaborasi yang dilakukan bersama PT Pertamina Patra Niaga, yang merupakan kemitraan kedua yang dilakukan berturut-turut. Hal ini memperkuat kedua belah pihak di layanan industri aviasi, dan misi kami untuk mengembangkan kemitraan ekonomi secara global. MoU ini akan memperluas kehadiran kami secara global serta komitmen kami dalam memposisikan Uni Emirat Arab di sektor aviasi,” kata Saif Humaid Al Falasi.
Baca juga: Pertamina Patra Niaga siap pasok bahan baku untuk industri baterai
Baca juga: Pertamina Patra Niaga penuhi kebutuhan bahan bakar PUPR bangun IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023