Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim surat ucapan selamat untuk pertemuan mekanisme dialog antara partai berkuasa China-Rusia

Dalam surat ucapan selamatnya, Xi menyampaikan ucapan selamat yang hangat atas terselenggaranya pertemuan itu.

Dia menuturkan bahwa saat ini perubahan yang belum pernah terjadi dalam satu abad sedang berlangsung dengan laju yang jauh lebih cepat dan dunia memasuki periode baru kekacauan dan transformasi.

Menurut Xi, hubungan China-Rusia telah bertahan menghadapi berbagai ujian berat dalam perubahan lanskap internasional, mempertahankan tingkat pembangunan yang tinggi, memberikan contoh model baru bagi hubungan negara besar, serta memainkan peran strategis yang lebih menonjol untuk mencapai stabilitas dan pembangunan global.

Menyatakan bahwa tahun depan menandai peringatan 75 tahun pembentukan hubungan diplomatik China-Rusia, Xi mengatakan China siap bekerja sama dengan Rusia untuk merangkul tren sejarah umum.

Xi dengan tegas menyampaikan China ingin mengembangkan hubungan yang mengedepankan persahabatan bertetangga yang baik dan permanen, koordinasi strategis komprehensif, dan kerja sama yang saling menguntungkan, serta dengan gencar mempromosikan pembangunan dan revitalisasi kedua negara guna menyuntikkan lebih banyak stabilitas dan energi positif pada dunia.

Xi mengungkapkan bahwa pertukaran dan kerja sama antara Partai Komunis China (CPC) dan Partai Rusia Bersatu membentuk bagian penting dari hubungan China-Rusia di era baru.

Mekanisme dialog antara partai berkuasa China dan Rusia, menurut dia, telah berkembang menjadi saluran dan platform yang unik bagi kedua negara untuk mengonsolidasikan rasa saling percaya dalam aspek politik, meningkatkan koordinasi strategis, serta mendorong kerja sama yang saling menguntungkan.

Kedua partai diharapkan akan memanfaatkan pertemuan mekanisme dialog ke-10 tersebut sebagai peluang untuk menunjukkan tanggung jawab partai dan negara besar, memperkaya pertukaran di era baru, menciptakan situasi baru pertukaran dan kerja sama yang dilembagakan, serta lebih banyak berkontribusi bagi pengembangan hubungan China-Rusia di era baru, melindungi kesetaraan dan keadilan internasional, dan mendorong pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, ujar Xi.

Dalam surat ucapan selamatnya, Putin menyampaikan bahwa kemitraan koordinasi strategis komprehensif Rusia-China berada pada level tertinggi dalam sejarah, dan kedua negara bekerja sama untuk memajukan proyek-proyek kerja sama berskala besar, antara lain di bidang ekonomi, transportasi, energi, dan budaya.

Kedua negara mengoordinasikan posisi mereka melalui berbagai saluran bilateral dan mekanisme multilateral --seperti Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) dan organisasi antar pemerintah yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS)-- untuk menyelesaikan isu-isu internasional utama serta mendorong pembangunan tatanan internasional yang lebih adil dan demokratis.

Sebagai partai berkuasa di Rusia dan China, Partai Rusia Bersatu dan CPC telah melakukan interaksi tingkat tinggi dan konstruktif serta mendorong pengembangan kerja sama yang pesat di berbagai bidang, ujar Putin.

Komite pusat dan institusi lokal dari kedua partai telah mempertahankan interaksi yang dilembagakan, bertukar pengalaman yang bermanfaat terkait pembangunan partai, legislasi, dan pekerjaan sosial, serta menggelar diskusi mendalam tentang serangkaian isu praktis dalam agenda bilateral dan internasional, kata Putin.

Putin pun mengutarakan keyakinan bahwa pertemuan mekanisme dialog ke-10 antara kedua partai itu akan sangat berguna dan konstruktif, serta lebih mendorong dan memperdalam kerja sama yang bermanfaat antara Rusia dan China.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023