Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen meningkatkan akses transportasi untuk memaksimalkan potensi wisata, pendidikan, kesehatan masyarakat hingga peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Hal ini disampaikan Ganjar saat mengunjungi Piaynemo, Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, Selasa.

"Ini adalah salah satu potensi di tanah Papua dengan segala keindahan dan keramahannya. Maka kita perlu siapkan SDM unggul, kelola pariwisata dengan baik, tapi satu yang masih mereka harapkan, infrastruktur, dan interkoneksi sehingga bisa membuat orang datang lebih mudah, lebih cepat, dan tentu saja harganya lebih bersaing," kata Ganjar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, keindahan Piaynemo sebagai potensi luar biasa bagi pariwisata Papua Barat. Dia menceritakan pengalaman bertemu turis dari Italia yang tertarik dengan keindahan alam di Tanah Papua.

Baca juga: Ganjar Pranowo serap aspirasi masyarakat Papua
Baca juga: Ganjar harap Pemilu 2024 jadi momentum rekonsiliasi bangsa


Pada saat menginap di Kampung Saukabu, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya, Senin (20/11), Ganjar sempat berinteraksi dengan sejumlah turis.

"Kami ketemu banyak sekali turis dari Italia, mereka ternyata mau 'stay' di tempat yang sunyi sepi dan kemudian dia bisa menikmati, itu tentu saja sesuatu yang sangat unik yang ada di sini," ujarnya.

Oleh karena itu, dia melihat Papua Barat memiliki potensi besar. Namun, dibutuhkan tindakan khusus dan dukungan infrastruktur untuk mengoptimalkan keindahan serta keramahan tanah Papua.

"Saya kira iya dan memang ini PR (pekerjaan rumah) khusus yang mesti diberikan, butuh lebih banyak tindakan khusus atau tindakan afirmasi untuk Tanah Papua," pungkas Ganjar.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023