realisasi belanja Pertamina untuk produk dalam negeri itu diperoleh melalui rangkaian temu bisnis Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PaDi UMKM) pada 2023.
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan untuk kategori nilai belanja terbesar dengan realisasi Rp271,6 triliun pada ajang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI-BBWI) Jakarta 2023.

VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan realisasi belanja Pertamina untuk produk dalam negeri itu diperoleh melalui rangkaian temu bisnis Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PaDi UMKM) pada 2023.

PaDi UMKM merupakan pasar elektronik, yang menyediakan produk-produk pilihan dari para vendor/UMKM Indonesia yang telah dikurasi sesuai dengan kebutuhan pengadaan BUMN.

Baca juga: Pertamina Lubricants raih penghargaan tertinggi SNI Award 2023

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu pada malam puncak Harvesting Gernas BBI-BBWI Jakarta 2023 di Taman Fatahilah, Kota Tua, Jakarta, Minggu (19/11/2023).

Menurut Fajriyah, dalam gelaran Gernas BBI-BBWI Jakarta 2023 itu, UMKM binaan Pertamina AIU Craft juga menyabet penghargaan UMKM Terbaik kategori kriya.

AIU Craft merupakan UMKM yang khusus membuat kerajinan tangan berupa tas lukis dan aksesoris dengan membawa karakteristik dan keunikan budaya Kota Jakarta dalam setiap karyanya.

"Terpilih sebagai UMKM terbaik dalam acara Harvesting Gernas BBI BBWI DKI Jakarta 2023 adalah prestasi yang luar biasa dan ini tidak mungkin terwujud tanpa bimbingan, bantuan, dan dorongan yang kami terima dari Pertamina," ucap Alia Felicia, pemilik AIU Craft.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga gandeng ENOC perluas pasar avtur secara global

Alia menambahkan semangat kolaboratif bukan hanya tentang meraih gelar terbaik, tetapi juga membangun keberlanjutan dan dampak positif dalam komunitas UMKM lokal.

"Terima kasih Pertamina, karena telah menjadi pilar yang kokoh dalam perjalanan kami menuju kesuksesan," ujarnya.

Fajriyah menambahkan dengan memberikan akses atas pengetahuan dan keterampilan yang intens kepada para UMKM melalui berbagai pendampingan dan pelatihan, UMKM akan mampu meningkatkan daya saing usahanya di tengah tantangan pasar yang semakin kompetitif.

Menurut dia, penghargaan yang diraih, akan mendorong Pertamina semakin gencar memberikan dukungan bagi produk lokal menguasai pasar domestik hingga masuk pasar internasional.

"Kami berharap seluruh pihak dapat terus memberikan semangat yang sama dalam mendukung peningkatan kapasitas UMKM untuk meningkatkan perekonomian nasional," ujarnya.

Baca juga: Kementerian PUPR-Pertamina kerja sama suplai BBM untuk proyek IKN

Acara Harvesting Gernas BBI-BBWI Jakarta 2023 berlangsung 18-19 November 2023 dengan beragam agenda mulai dari pelatihan, bazar, business matching, dan business competition, walking tour urban tourism, dan job fair, sebagai rangkaian kegiatan pre-event hingga malam awarding. Ada pula pagelaran seni budaya, fashion show, dan pertunjukan musik.

Acara merupakan kolaborasi antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Indonesia, dan beberapa BUMN seperti Pertamina.

Pertamina berkomitmen meningkatkan UMKM ke level unggul dan mandiri sesuai dengan SDGs ke-8, yakni menciptakan pekerjaan layak, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat ESG di bidang sosial.

"Dengan demikian, Pertamina berupaya memberikan manfaat ekonomi sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial," jelas Fajriyah Usman.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023