Jalan tol yang dapat difungsikan saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini yaitu Tol Cikampek II Selatan segmen Kutanegara - Sadang dan Tol Solo - Yogyakarta - Bandara YIA segmen Kartasura - Karanganom,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan dan Tol Solo - Yogyakarta -  Yogyakarta Internasional Airport (YIA) difungsikan untuk mendukung kelancaran lalu lintas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Jalan tol yang dapat difungsikan saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini yaitu Tol Cikampek II Selatan segmen Kutanegara - Sadang dan Tol Solo - Yogyakarta - Bandara YIA segmen Kartasura - Karanganom," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa.

Basuki menambahkan, pada lebaran lalu Tol Solo - Yogyakarta - YIA ini baru difungsikan sampai dengan segmen Pakis. "Untuk Natal dan Tahun Baru kali ini Insya Allah dapat difungsikan sampai segmen Karanganom sepanjang 13 km," katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR tuntaskan seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi

Terkait kesiapan jalan tol untuk Natal dan Tahun Baru kali ini, kata Basuki, juga dilakukan pelebaran Jalan Tol Cikampek - Palimanan di KM 71 sampai dengan KM 85 untuk mengantisipasi arus lalu lintas dari Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu).

Progres pelebaran jalan tol tersebut saat ini mencapai 95 persen dan ditargetkan selesai pada H-10 Natal dan Tahun Baru. "Ini dapat kita manfaatkan pada saat H-10 Natal dan Tahun Baru," kata Basuki.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, panjang jalan tol yang sudah operasional di Indonesia adalah 2.816 km yang dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada 73 ruas yang tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 865 km, Pulau Jawa sepanjang 1.782 km, Pulau Bali sepanjang 10 km, Pulau Kalimantan sepanjang 97 km, dan Pulau Sulawesi sepanjang 62 km.

Selain itu terdapat 132 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang tersebar di seluruh jalan tol.

Baca juga: Astra Infra pastikan kesiapan jalan tol hadapi libur Nataru 2023/2024

Khusus untuk 2023, pembangunan jalan tol hingga akhir tahun ditargetkan sepanjang 410 km. Sampai November 2023, jalan tol yang sudah diresmikan atau dioperasikan sepanjang 218 km, sisanya sepanjang 192 km akan dapat dioperasikan atau difungsikan pada waktu Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan swasta.

Jalan Tol Japek II Selatan menghubungkan Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat.

Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dan Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang – Solo, serta memangkas waktu tempuh perjalanan masyarakat yang menghubungkan tiga bandara sekaligus di Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Selain memangkas waktu tempuh berkendara dari Solo ke Yogyakarta hingga Kulonprogo, Jalan Tol ini dibangun sekaligus untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Super Prioritas Borobudur.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023