Jakarta (ANTARA) - Mantan ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai NasDem Siswono Yudo Husodo menyatakan dukungannya terhadap pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD karena berdasarkan rekam jejak dan integritas keduanya.

"Saya akan memilih Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD sebagai (pasangan calon) presiden dan wakil presiden Republik Indonesia tahun 2024-2029," kata Siswono dalam keterangan video yang diterima di Jakarta, Selasa.

Siswono mengatakan integritas, etika, moralitas, hingga rekam jejak tokoh menjadi pertimbangannya dalam memilih calon pemimpin negara. Dia menilai Ganjar-Mahfud memiliki nilai-nilai tersebut.

"Prinsip meritokrasi yang telah membentuk diri saya, dengan mendasar pada kemampuannya, kapasitas, dan kompetensinya. Integritas, etika, dan moralitasnya, serta track record (rekam jejak) dan wawasannya tentang masa depan Indonesia," jelas Siswono.

Baca juga: Yenny Wahid sosialisasikan pasangan Ganjar-Mahfud di Malaysia

Dengan adanya nilai-nilai tersebut, dia optimistis Ganjar-Mahfud akan dapat melanjutkan dan mengembangkan berbagai program kebijakan pembangunan Presiden Joko Widodo dengan baik.

Mantan menteri perumahan rakyat itu mencontohkan program-program tersebut, antara lain pembangunan infrastruktur, pemerataan pembangunan antarwilayah, hilirisasi, dan peningkatan penguasaan sumber daya alam (SDA).

"Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), BBM (bahan bakar minyak) satu harga untuk seluruh Indonesia, politik luar negeri yang bebas dan aktif, penegakan hukum, dan pemberantasan korupsi, dan lain-lain," jelasnya.

Baca juga: Pakar yakin Mahfud bisa benahi persoalan hukum di Indonesia

Siswono berharap Pemilu 2024 dapat berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil; sehingga dapat terlaksana dengan damai.

"Marilah kita gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kita dengan menempatkan putra putri bangsa Indonesia yang mampu, jujur, dan terpercaya, berintegritas, bermoral, dan beritikad tinggi di semua kepemimpinan politik negara," harapnya.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud bertekad jalani kampanye positif

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023