Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia menempati peringkat kedelapan dalam kejuaraan World Wushu Championships 2023 yang berlangsung di Forth Worth, Texas, Amerika Serikat mulai 16 November hingga 20 November lalu.

Total tim Merah Putih mengirimkan 15 anggota kontingen di kejuaraan wushu yang diikuti oleh 72 negara sedunia tersebut. World Wushu Championships 2023 mempertandingkan dua nomor lomba yaitu taolu dan sanda.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kemenpora RI (@kemenpora)


Dilansir dari laman resmi Kemenpora, Selasa, kontingen Indonesia mengoleksi torehan satu emas, tiga perak dan tujuh perunggu. Satu emas Indonesia dipersembahkan oleh Harris Horatius lewat nomor mens taulo nandao. Sementara tiga medali perak disumbangkan oleh Seraf Naro Siregar (dua medali perak lewat mens taolu chanquan dan mens taolu gunshu) dan Bintang Reindra Nada Guitara (mens sanda 56 Kg).

Tujuh perunggu yang diraih Indonesia didapat melalui Harris Horatius (mens taolu nangun), Tasya Ayu Puspa Dewi (womens taolu nanquan), Muhammad Daffa Golden Boy (mens taolu qiangshu dan mens taolu jianshu), Samuel Marbun (mens sanda 65 Kg), Laksamana Pandu Pratama (mens sanda 52 Kg) dan Rosa Beatrice Malau (womens sanda 48 Kg).

Baca juga: KONI sebut cabang olahraga Wushu Indonesia alami peningkatan
Baca juga: PB WI berharap akan ada gelaran IMAG edisi kedua untuk bina atlet


Tim Merah Putih menduduki peringkat di atas tuan rumah Amerika Serikat yang mengakhiri turnamen dengan raihan satu medali perak dan tiga perunggu. Amerika Serikat berada di urutan ke-16 dengan torehan medali tersebut.

Sementara itu China kembali menasbihkan dominasi menjadi juara umum dengan koleksi medali 15 emas sepanjang gelaran turnamen. Di bawah China, Vietnam menghuni peringkat kedua dengan raihan lima medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Di peringkat ketiga ada Macau yang mengumpulkan lima medali emas, dua perak dan empat perunggu.

Berikut daftar sepuluh besar peringkat World Wushu Championships 2023:
No Negara Emas Perak Perunggu Total Medali
1. China 15 0 0 15
2. Vietnam 5 3 3 11
3. Macau 5 2 4 11
4. Hong Kong 3 2 3 8
5. Singapura 2 3 2 7
6. Malaysia 1 7 4 12
7. Filipina 1 4 1 6
8. Indonesia 1 3 7 11
9. Chinese Taipei 1 2 1 4
10. Korea Selatan 1 2 1 4

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023