Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Wushu Indonesia menggelar turnamen Indonesia Wushu All Games (IWAG) 2023 di Gedung Dispora, Medan, Sumatera Utara, 8-15 Desember, sebagai ajang pembibitan atlet wushu Indonesia.

“Atlet-atlet wushu dari Sumut sudah tidak diragukan lagi prestasinya. Tetapi tentu kami ingin ini terus ada regenerasi karena itu butuh pembinaan sejak kecil. Dan, kompetisi-kompetisi seperti ini bisa menjadi filter,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Mayjen TNI (Purn) Hassanudin dalam keterangan resmi yang diterima, Senin.

Sementara itu, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Ngatino menyampaikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih kontingen wushu Indonesia dalam berbagai kejuaraan yang sebagian ditorehkan oleh atlet-atlet dari Sumatera Utara.

“Luar biasa prestasi wushu kita dan atlet-atlet Sumut adalah salah satu yang ikut menorehkan prestasi tersebut, tidak diragukan lagi hasil dari pembinaan atlet wushu di Sumut,” ujar Ngatino.

IWAG pertama kali berlangsung di Jakarta pada 2020. Saat pertama kali digelar, IWAG 2020 harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena tengah dilanda Covid-19 namun para atlet, pelatih, dan ofisial wushu tetap konsisten menjalankan program pembinaan.

Melalui penyelenggaraan IWAG, Indonesia kemudian bisa memanen medali di SEA Games 2023, Asian Games 2022, dan kejuaraan World Wushu Championship 2023. Pada SEA Games Kamboja 2023, Indonesia menjadi juara umum dengan mengoleksi 14 medali. Cabang olahraga bela diri ini menjadi penyumbang 39 persen medali Indonesia pada SEA Games Kamboja. Kemudian pada Asian Games Hangzhou 2022, kontingen wushu Indonesia mempersembahkan lima medali dan pada World Wushu Championship 2023, Indonesia total meraih 11 medali.

Baca juga: Indonesia tempati peringkat delapan World Wushu Championships 2023

Wushu tengah diperjuangkan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade. Harapannya, ketika sudah menjadi cabang Olimpiade, atlet-atlet wushu Indonesia dapat meraih medali emas.

Melihat program pembinaan saat ini dengan target besar tersebut, KONI Pusat percaya masa depan prestasi wushu Indonesia akan cerah. Pasalnya, wushu terbilang baru turut serta pada Pekan Olahraga Bela Diri Nasional atau Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 yang diselenggarakan KONI Pusat.

"Saya berharap ke depannya, atlet wushu berprestasi dunia akan lahir dari atlet-atlet juara IMAG dan IWAG," ujar Bendahara Umum KONI Pusat Kemas Ilham Akbar yang mewakili Ketua KONI Pusat Marciano Norman dalam pembukaan IWAG 2023.

Baca juga: KONI sebut cabang olahraga Wushu Indonesia alami peningkatan
Baca juga: PB WI berharap akan ada gelaran IMAG edisi kedua untuk bina atlet


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023