Ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Asia Tenggara, bukan hanya Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kehadiran Kereta Cepat Whoosh menjadi kebanggaan bukan hanya bagi Indonesia namun juga Asia Tenggara.

"Ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Asia Tenggara, bukan hanya Indonesia," ujar Budi Karya di Jakarta, Selasa.

Budi Karya mengatakan kehadiran Kereta Cepat Whoosh sangat bagus dan menjadi andalan transportasi publik tidak hanya bagi masyarakat Indonesia, namun juga warga dari negara-negara Asia Tenggara yang berkunjung ke Indonesia.

"Kehadiran kereta cepat Whoosh bagus sekali, saya senang karena kalau saya berkunjung ke beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura banyak yang menanyakan mengenai kabar Whoosh. Artinya branding Whoosh sudah bagus," katanya.

Banyak sekali, lanjutnya, orang-orang dari Malaysia saat mendarat di Bandara Kertajati, Jawa Barat kemudian menginap di Bandung lalu naik kereta cepat Whoosh ke Jakarta kemudian kembali lagi ke Malaysia.

Sebagai informasi, hingga 14 November 2023, Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang secara resmi diberi nama "Whoosh" telah mengangkut 352 ribu orang sejak beroperasi komersial pada Oktober lalu.

Survei yang dilakukan oleh pihak pengelola yakni PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menunjukkan bahwa lebih dari setengah jumlah penumpang menggunakannya untuk tujuan berlibur.

Survei itu juga mencatat hampir setengah jumlah penumpang kereta cepat sebelumnya adalah pengguna kendaraan pribadi. Laporan ini menunjukkan bahwa mulai ada pergeseran penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi massal lewat kehadiran Whoosh.

Kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung ini memiliki trase sepanjang 142,3 kilometer dan dilengkapi empat stasiun pemberhentian yaitu Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar.

Kereta yang diresmikan pada awal Oktober tersebut merupakan kerja sama antara perusahaan Indonesia dan China sebagai proyek unggulan kerja sama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI).

Baca juga: PUPR: Akses tol Stasiun Whoosh Karawang dalam tahap pembebasan lahan
Baca juga: Menhub ungkap nama kereta cepat Whoosh dikenal hingga luar negeri


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023