Saya kira ini salah satu tanda hubungan kita sama Singapura terus meningkat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima penghargaan militer Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Pemerintah Singapura di Istana Kepresidenan Singapura, Selasa, karena dia dinilai berkontribusi memperkuat kerja sama pertahanan dua negara.

Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam menyerahkan secara langsung penghargaan itu kepada Prabowo dalam prosesi upacara di Istana Kepresidenan Singapura.

"Saya kira ini salah satu tanda hubungan kita sama Singapura terus meningkat. Kerja sama pertahanan terus membaik. Singapura salah satu negara yang dekat sama kita. Hubungan kita sudah lama, hubungan ekonomi, politik, hukum, pertahanan, keamanan terus baik. Saya kira ini sesuatu yang menunjukkan bahwa kita akan terus kerja sama dengan erat dan produktif,” kata Menhan Prabowo selepas menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) di Singapura.

Dalam upacara pemberian penghargaan, yang didahului oleh prosesi jajar kehormatan, Istana Kepresidenan Singapura menyampaikan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) merupakan pengakuan terhadap kontribusi Prabowo yang dinilai luar biasa. Pencapaian penting kerja sama pertahanan dua negara, yaitu RI dan Singapura berhasil menyepakati perjanjian kerja sama pertahanan (DCA) pada Maret 2023. Perjanjian itu diteken oleh Menhan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.

Baca juga: Prabowo di ADMM Plus Ke-10: RI dukung mitra menhan ASEAN bertambah

Baca juga: Menhan RI-AS teken Pengaturan Kerja Sama Pertahanan


"Perjanjian itu merupakan tonggak penting dalam hubungan pertahanan bilateral (RI-Singapura)," kata protokol Istana Kepresidenan Singapura saat upacara penyerahan penghargaan.

Dia melanjutkan Prabowo juga mampu mempererat kerja sama pertahanan dua negara dalam beberapa tahun terakhir, meskipun saat itu dunia menghadapi pandemi COVID-19.

Kemudian, Istana Kepresidenan Singapura juga mengangkat kerja sama erat TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura, yang juga tidak lepas dari pengaruh Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI.

"TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura melaksanakan latihan-latihan utama seperti Latihan (Bersama) Safkar Indopura, Latihan Gabungan (Bersama) Minex Pandu, Manyar Indopura, Camar Indopura, dan Super Garuda Shield," demikian disampaikan Istana Kepresidenan Singapura.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi/Galih Pradipta
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023