Beijing (ANTARA) - China baru-baru ini merilis sebuah pedoman untuk upaya meningkatkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang terkait dengan relik budaya, demikian disebut dalam sebuah pernyataan Administrasi Warisan Budaya Nasional (National Cultural Heritage Administration/NCHA) China.

Pedoman tersebut, yang dirilis bersama oleh beberapa departemen termasuk Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China dan NCHA, membahas isu-isu yang telah lama menghambat inovasi IPTEK terkait relik budaya, seperti alokasi sumber daya yang tidak seimbang dan manajemen yang lemah.

Pedoman itu juga memetakan rencana pengoptimalan inovasi IPTEK serta mengusulkan sejumlah langkah untuk membentuk platform yang lebih baik, memperluas kumpulan talenta, serta meningkatkan mekanisme insentif terkait relik budaya.

Pedoman tersebut menekankan pada penguatan penelitian dasar dalam ilmu terapan dan meningkatkan penelitian serta pengembangan teknologi, peralatan, dan material utama terkait warisan budaya.

Lebih lanjut, dokumen itu mendesak upaya untuk mendorong penelitian pada proyek-proyek arkeologi utama dan meningkatkan penerapan kemajuan IPTEK yang terkait dengan relik budaya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023