Guiyang, China (ANTARA/PRNewswire)- Artikel berita dari Huanqiu.com: Dalam beberapa tahun terakhir, "sektor manufaktur pintar di Tiongkok" telah menggerakkan perkembangan yang bermutu tinggi di segmen kendaraan energi baru. Hal ini pun menghadirkan berbagai peluang bagi industri baterai energi baru dan produksi material baru. Menurut statistik, Guian New District telah menangkap perkembangan pesat ini dan merealisasikan sumber pertumbuhan ekonomi yang baru.

Pabrik baterai baru di Guizhou dengan kapasitas tahunan 30 GWh, didanai perusahaan raksasa Tiongkok yang memproduksi baterai Contemporary Amperex Technology Co., Ltd. (CATL), telah memulai uji coba produksi pada akhir Oktober lalu. Sejak 17 Agustus lalu, hampir 500 kendaraan yang mengangkut alat-alat elektromekanis dari lini produksi pertama telah tiba di lokasi pabrik dalam beberapa tahap. Sementara, sekitar 1.500 pekerja telah menguji setiap peralatan produksi. Menurut sejumlah laporan, fase pertama dari proyek tersebut didesain agar mampu menghasilkan kapasitas produksi tahunan hingga 30 GWh baterai dan sistem penyimpanan energi, serta fasilitas terkait lain. Setelah pabrik ini beroperasi dalam kapasitas penuh, nilai produksi tahunan segera mencapai sekitar RMB 15 miliar.

Proyek baterai 10 GWh BYD, telah mulai berproduksi, diperkirakan mencapai nilai produksi hingga RMB 2,973 miliar dan nilai tambah yang mencapai RMB 355 juta pada periode Januari-September tahun ini. Pabrik BYD di Guian banyak memasok produk untuk Seagull, model terbaru BYD yang dilansir pada Mei lalu, bahkan lebih dari sepertiga baterai untuk kendaraan ini disuplai pabrik di Guian. Pada Mei-Agustus lalu, angka penjualan Seagull meningkat dari 8.400 unit menjadi 34.800 unit. Angka ini diperkirakan terus menanjak sehingga menjadi basis yang baik untuk pesanan baterai di pabrik Guian.

Dari sisi material baru, proyek terintegrasi dengan kapasitas produksi tahunan hingga 100.000 ton material anode baterai litium di  Guian New District, didanai oleh Hunan Zhongke Electric Co., Ltd. (Zhongke Electric), juga telah dirampungkan dan mulai berproduksi. Pada periode Januari-September lalu, nilai produksi pabrik ini mencapai RMB 567 juta, sedangkan, nilai tambah industrinya mencapai RMB 136 juta dengan tingkat nilai tambah sebesar 23,96%.

Kemampuan Guian New District menangkap peluang strategis sangat berkaitan dengan strategi visioner dan orientasinya untuk menarik arus investasi dalam pengembangan "dua industri unggulan dan dua industri khusus". Sejak 2021, Guian New District telah mengoptimalkan penyebaran industri di sejumlah sektor, seperti manufaktur informasi elektronik, manufaktur peralatan canggih, serta energi baru dan material baru (baca: "dua industri unggulan dan dua industri khusus"). Selain proyek yang disebut di atas, pabrik Chery Automobile di Guizhou dengan kapasitas produksi tahunan yang mencapai 50.000 kendaraan niaga energi baru, serta Hengli (Guiyang) Industrial Park juga telah diresmikan.

Di sisi lain, Guian aktif menarik arus investasi menuju industri unggulan dan industri khusus yang berfokus pada baterai energi baru, material baru, serta peralatan, komponen, dan bahan baku utama. Tujuannya, memfasilitasi perkembangan pabrik kendaraan energi baru, baterai baru, dan material baru. Dengan kekayaan sumber daya dan layanan bermutu tinggi, Guian telah menjadi destinasi investasi yang tengah naik daun bagi perusahaan energi baru dan material baru yang ingin memperluas basis produksi dan operasional.

"Kami telah membentuk kelompok kerja khusus untuk 'dua industri unggulan dan dua industri khusus', serta merancang mekanisme layanan 'lengkap dan menyeluruh'. Bagi kalangan perusahaan seperti Zhongke Electric dan CATL, kami menugaskan staf yang menindaklanjuti sejumlah layanan, mulai dari perencanaan gardu yang dibangun sendiri, instalasi, determinasi solusi hingga tes penerimaan. Tujuannya adalah memastikan kelancaran prosedur penanganan aplikasi akses kelistrikan," jelas PEI Junyi, General Manager, Planning and Development Department, Guian Power Supply Bureau. Dia juga menyatakan, Power Supply Bureau akan menyediakan dukungan langsung bagi lokasi proyek hingga segera mengatasi tantangan konstruksi, serta secara ilmiah menyesuaikan atau menyempurnakan rencana konstruksi agar suplai listrik yang andal dan aman segera tersedia bagi industri.

Demi memfasilitasi peluncuran "dua industri unggulan dan dua industri khusus", Guian New District memenuhi kebutuhan pelaku usaha secara akurat. Guian Power Supply Bureau menjamin layanan listrik dalam tiga aspek: suplai listrik yang andal guna memperlancar kegiatan produksi, ketersediaan sumber daya untuk melakukan peningkatan, serta layanan bermutu tinggi yang menjaga kesehatan komunitas.

"Pada 2022, kami mengerjakan 203 jalur kelistrikan secara independen, menghasilkan sumber listrik baru sebanyak 502,7 MWh. Langkah ini mengurangi average interruption hours of customer (AIHC) hingga 5,7 jam, serta semakin meningkatkan reliabilitas pasokan listrik di Guian New District." Menurut PEI Junyi, pada 2022, tiga proyek gardu listrik utama menjadi prioritas, dan satu proyek utama kini telah selesai dan beroperasi, sedangkan, proyek gardu pendukung Shinzoom 220kV juga dirampungkan dan telah beroperasi. Proyek tersebut menjamin kebutuhan listrik pabrik bahan baku anode baterai litium dengan kapasitas produksi tahunan 100.000 ton.

Pada 8 September 2023, proyek kabel 22kV pertama di Guizhou, mendukung Proyek CATL loop line 220kV Kashi I dan II, telah beroperasi lebih cepat dari jadwal. Fasilitas ini memastikan, gardu CATL 220kV beroperasi lebih cepat, memberikan jaminan ketersediaan listrik yang andal bagi Guizhou New Energy Power and Energy Storage Battery Manufacturing Base milik CATL.

Di sisi lain, Guian Power Supply Bureau aktif mempelajari kebutuhan listrik pengguna, serta kondisi produksi dan karakteristik beban listrik beragam pelanggan. Hal ini mendorong kalangan perusahaan menjalankan produksi pada periode off-peak dengan menawarkan solusi yang dirancang khusus menurut kebutuhan demi menghemat listrik. Maka, kalangan perusahaan tidak hanya dapat menghemat biaya listrik dalam kegiatan produksi, namun juga menjamin suplai listrik yang memadai pada masa off-peak sehingga menambah efisiensi bisnis. Menurut PEI Junyi, Zhongke Electric berhasil memangkas biaya listrik hingga RMB 11,25 juta setelah mengalihkan kegiatan produksi pada malam hari.

Dengan mengoptimalkan layanan, memperkuat administrasi, dan menyempurnakan kebijakan, Guian berkomitmen mempercepat konstruksi, kegiatan produksi, dan kinerja proyek bagi "dua industri unggulan dan dua industri khusus", serta mempercepat perkembangan demi mewujudkan pembangunan bermutu tinggi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023