Beijing, (ANTARA/PRNewswire)- China National Sports Group dan White Group asal Singapura resmi menjalin kerja sama strategis dalam berbagai aspek, serta meluncurkan "Sino-Singapore International Sports Industry Fund". Nilai pendanaan tahap awal mencapai RMB 2 miliar. Pendanaan ini akan digunakan untuk akuisisi ajang olahraga terkemuka di dunia, serta pembangunan "Sino-Singapore International Sports City" di Guangdong–Hong Kong–Macao Greater Bay Area.

Acara peresmian kerja sama berlangsung di Beijing Sports Center, dihadiri oleh  Gu Haoning, Sekretaris Komite Partai dan Chairman, China National Sports Group; Peh Chin Hua, Executive Chairman & President, White Group; Wei Weige, Wakil Sekretaris Partai dan Vice President, China National Sports Group; Qiu Qiangsheng, Vice President, China National Sports Group; Wei Shengfan, General Manager, Chinese Tennis Sports, Beijing; serta para eksekutif White Group.

Mengingat peran ajang olahraga bergengsi dan arena olahraga bermutu tinggi sebagai sarana utama di industri olahraga, Tiongkok berkomitmen meningkatkan investasi di kedua sektor ini. Maka, sebagai badan usaha milik negara Tiongkok dalam Manajemen Olahraga yang turut dimiliki oleh Komite Olimpiade Tiongkok, China National Sports Group membentuk dana investasi bersama White Group yang nilainya dapat meningkat menjadi RMB 6 miliar. Dalam pendanaan ini, White Group berkontribusi senilai RMB 4,2 miliar, sedangkan, China National Sports Group senilai RMB 1,8 miliar.

Kedua pihak akan bekerja sama membangun model bisnis yang bersifat closed-loop. Dalam model bisnis ini, ajang olahraga akan meningkatkan popularitas arena olahraga. Di sisi lain, konten olahraga mendorong utilisasi dan desain ruang fisik. Kolaborasi tersebut juga akan menggerakkan perkembangan latihan olahraga, pembinaan atlet unggulan, sarana ajang olahraga digital, riset dan pengelolaan e-sports, riset data olahraga, serta program rehabilitasi dan latihan olahraga.

Gu Haoning berkata: "Industri olahraga Tiongkok mengawali perjalanan yang luar biasa dalam beberapa dekade terakhir, berkembang dari posisi yang kurang menguntungkan menjadi sebuah kekuatan utama. Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian di tingkat nasional dan kebijakan pendukung menciptakan fokus besar di industri olahraga. Sementara, pemerintah Singapura dan perusahaan investasi terkait memiliki optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi jangka panjang Tiongkok. Maka, kedua pihak tersebut ingin meningkatkan investasi di Tiongkok. Hubungan perdagangan Tiongkok dan Singapura melibatkan sinergi yang saling menguntungkan, komunikasi terbuka antara pemerintah dan pelaku bisnis, serta niat yang kuat untuk berkolaborasi. Dengan sikap saling percaya dan kompatibilitas pasar, China National Sports Group dan White Group bekerja sama menggerakkan perkembangan industri olahraga. Kolaborasi ini pun menjadi perkembangan menarik menuju masa depan."

Peh Chin Hua berkata: "Kami mendapat kehormatan besar untuk berkolaborasi dengan China National Sports Group. Kami ingin membuat pencapaian luar biasa di dunia olahraga. Secara kolaboratif, kami akan mengakuisisi hak penyelenggaraan dan mengelola beberapa ajang olahraga internasional yang paling bergengsi di dunia. Lewat kolaborasi antara kedua negara, kami gembira mendukung industri olahraga internasional, membina perkembangan yang stabil dan sehat, serta berkontribusi positif terhadap perdamaian dunia di tengah dunia yang saling terhubung."

Kerja sama strategis antara China National Sports Group dan White Group membuka babak baru di industri olahraga internasional, tak hanya menyediakan akses kolaborasi lain di industri olahraga, namun juga mencerminkan peluang menarik guna mempererat persahabatan antara Tiongkok dan Singapura dengan menjadikan olahraga sebagai unsur pemersatu.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023