Selama 2023, ada 94 PMI terlibat dan dideportasi. Ini tentunya mencoreng bangsa Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk menatar 359 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang diberangkatkan ke Korea Selatan.

"PMI adalah duta bangsa, maka tunjukkan bangsa Indonesia adalah bangsa beradab, pekerja keras, tidak mudah dipengaruhi ideologi transnasional,” kata Sekretaris Utama (Sestama)​​​​​ BNPT Bangbang Surono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selain kepada 359 CPMI, Bangbang juga menekankan kepada 122 PMI yang diberangkatkan ke Korea Selatan dari Jakarta pada Selasa (21/11) agar lebih kritis dalam menerima informasi saat tiba di negara lain.

Dia meminta PMI melakukan klarifikasi terhadap setiap informasi sehingga tidak mudah terpengaruh ideologi transnasional.

Baca juga: Polri selamatkan 3.000 pekerja migran dari TPPO

Pesan yang disampaikan Sestama BNPT tersebut, merupakan upaya untuk membangun imunitas PMI agar tidak mudah terhasut propaganda radikal dan terorisme.

Data menyebutkan hingga tahun 2023, sebanyak 94 PMI telah dideportasi akibat terlibat aktivitas terorisme seperti pendanaan, mendukung propaganda jaringan terorisme internasional melalui dunia maya hingga pelatihan paramiliter.

"Selama 2023, ada 94 PMI terlibat dan dideportasi. Ini tentunya mencoreng bangsa Indonesia," kata Bang Bang.

Baca juga: BP2MI terima 56 PMI ilegal untuk dipulangkan ke daerah asal

Sestama BNPT juga mengajak PMI dan CPMI program penempatan G to G Korea Selatan untuk meningkatkan solidaritas, saling berkomunikasi, mengingatkan dan melaporkan apabila terdapat sesama PMI yang terlibat dalam terorisme.

“Sering komunikasi untuk saling mengingatkan barangkali ada yang mulai terpapar,” kata 
Bangbang.

Sosialisasi yang diberikan Sestama BNPT ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara BNPT dan BP2MI tentang Sinergisitas Pencegahan Tindak Pidana Terorisme yang diteken pekan lalu (13/11).

Melalui nota kesepahaman tersebut, BNPT dan BP2MI sepakat untuk memberikan sosialisasi pada saat sebelum, selama, hingga setelah bekerja bagi PMI dan keluarganya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023