Aku minta seluruh tim pengadaan bekerja sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya. Dalam menjalankan tugas menjaga martabat dan etika jabatan.
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kementerian Pertanian dilakukan dengan sebaik-baiknya dan bebas dari tindakan yang melanggar aturan.
 
Dia menyampaikan hal tersebut saat menghadiri rapat bersama Unit Layanan Pengadaan (ULP) di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu.
 
"Aku minta seluruh tim pengadaan bekerja sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya. Dalam menjalankan tugas menjaga martabat dan etika jabatan," kata Amran saat ditemui di Kantor Kementerian Pertanian.

Baca juga: Mentan jelaskan tahapan untuk mencapai swasembada pangan di Indonesia
 
Amran bercerita pada saat menjabat sebagai Menteri Pertanian periode 2014-2019 dirinya pernah memberikan sanksi berat yaitu pemecatan kepada pegawainya yang melakukan pelanggaran berat.
 
"Waktu itu aku sebenarnya tidak tega, tapi sumpah kita harus kerja dengan baik. Tidak boleh bermain-main, sehingga pada saat itu aku pecat tanpa peringatan pertama, kedua, ketiga, langsung aku pecat karena pelanggarannya sangat berat," ujar Amran.
 
Amran berpesan agar pelanggaran aturan yang terjadi tidak terulang. Dia juga meminta Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian untuk menjaga integritas dan kehormatan aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Pertanian.
 
Menurutnya, selain berhadapan dengan hukum, aparatur sipil negara yang melanggar aturan juga akan menghadapi konsekuensi berupa sanksi sosial di lingkungan masyarakat.
 
"Ada sanksi sosial kalau mereka bertindak macam-macam, perihal sanksi sosial yang tidak tertulis di masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Mentan: Penyederhanaan regulasi untuk perluas akses pupuk subsidi
 
Dalam kesempatan tersebut, Amran juga menerangkan saat ini Kementerian Pertanian tengah berfokus mendorong peningkatan produksi komoditas strategis untuk memenuhi kebutuhan nasional.
 
"Sekarang kita bagaimana recovery pertanian bisa meningkatkan produksi secara fisik. Produksi pangan, hortikultura, peternakan dan seterusnya. Di sisi lain kita akan mengembalikan kepercayaan masyarakat bahwa kita sekarang sudah melakukan yang terbaik untuk negeri yang kita cintai," tuturnya.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023