Athena, Yunani (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin membawa misi perdamaian dunia dalam kunjungan kerja ke Yunani pada Rabu hingga Jumat (24/11), karena ada pertemuan dengan pimpinan negara, pimpinan parlemen, dan Uskup Agung Yunani Ieronymos II.

"Pada lawatannya kali ini, secara khusus Wapres membawa misi perdamaian dunia yang juga dilakukan melalui rencana pertemuannya dengan Uskup Agung Yunani Ieronymos II," demikian keterangan tertulis dari Sekretariat Wakil Presiden RI saat kedatangan Wapres Ma'ruf di Athena, Yunani, Rabu pagi waktu setempat.

Wapres yang didampingi istri, Wury Ma’ruf Amin, beserta delegasi terbatas tiba di Bandara Internasional Eleftherios Venizelos, Athena, Yunani, Rabu pagi sekitar pukul 06.00 waktu setempat atau 11.00 waktu Indonesia.

Hawa sejuk dan rintik hujan mengiringi kedatangan Wapres Ma'ruf yang disambut oleh Head of the Protocol Department Yunani Ambassador Aglaia Balta, Duta Besar RI Athena Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan beserta istri Stevanny Djundjunan, dan Atase Pertahanan Roma Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek beserta istri Irma Febrawati Bima.

Baca juga: Wapres Ma'ruf kunjungan kerja ke Yunani, Slovakia, Malaysia

Momen menarik terjadi saat Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin tiba di penginapan untuk bermalam. Selain disambut pejabat dan staf KBRI Athena, Wapres menerima bunga yang diserahkan dua perwakilan anak Indonesia di Athena, yaitu Fanouria Georgia Papadopulou (7 tahun) dan Avicenna Farispranawa Virgianto (10 tahun).

Pada Rabu atau hari pertama kunjungan kerjanya di Yunani, Wapres Ma'ruf dijadwalkan bertemu Wakil Ketua 1 Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis bertempat di Hellenic Parliament.

Keesokan harinya pada Kamis (23/11), Wapres Ma'ruf diagendakan bertemu Uskup Agung Yunani Ieronymos II, mengunjungi Holy Metropolitan Church of Athens dan Akropolis Athena untuk menilik rekam jejak sejarah peradaban Yunani.

Kemudian, pada Jumat (24/11) atau hari terakhir agenda kunjungan di Yunani, Wapres diagendakan melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis.

Tampak mendampingi Wapres Ma'ruf dalam kunjungan kerja kali ini, antara lain Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Azis, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Iggi Haruman Achsien.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tiba di Athena untuk kunjungan kerja

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023