Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menyatakan bahwa luas area terdampak kebakaran di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, dilaporkan mencapai 3,5 hektare.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu di Kota Batu, Rabu mengatakan bahwa kebakaran yang bermula dari sambaran petir di lereng Gunung Panderman pada Selasa (21/11) tersebut berada di Petak 227 Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Oro-Oro Ombo.

"Luasan lahan yang terbakar kurang lebih 3,5 hektare," kata Agung.

Agung menjelaskan, tim gabungan yang diterjunkan masih melakukan pendataan terkini luas area yang terdampak kebakaran hutan dan lahan tersebut, mengingat kobaran api juga meluas hingga ke arah puncak Gunung Panderman.

Menurutnya, lokasi kebakaran hutan dan lahan di gunung yang memiliki ketinggian 2.045 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut bukan beada pada jalur pendakian. Pos Pendakian Gunung Panderman ditutup sementara.

"Lokasi kebakaran hutan dan lahan tersebut bukan berada di jalur pendakian. Untuk Pos Pendakian Panderman sudah ditutup sementara," katanya.

Ia menambahkan, meskipun peristiwa kebakaran tersebut dilaporkan terjadi cukup besar, namun penanganan masih menerjunkan personel untuk melakukan pemadaman manual. Belum dibutuhkan operasi dengan skala lebih besar atau menggunakan metode water bombing.

"Belum memerlukan water bombing. Untuk luas lahan yang terbakar hari ini, masih dalam pendataan," katanya.

Baca juga: Lereng Gunung Panderman di Kota Batu terbakar

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, tepatnya berada pada Petak 227 Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Oro-Oro Ombo pada Selasa (21/11) akibat sambaran petir.

Akibat sambaran yang mengenai pohon di lereng Gunung Panderman tersebut, api kemudian merembet hingga ke puncak Gunung Panderman. Api membakar vegetasi pohon cemara dan alang-alang yang berada di lokasi kejadian.

Penanganan kebakaran yang terjadi di Gunung Panderman tersebut, dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD Kota Batu, Perhutani KPH Malang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Oro-Oro Ombo, Agen Informasi Bencana Provinsi Jawa Timur, relawan dan warga.

Baca juga: Tim Pemadam Gabungan sisir bara api di Gunung Panderman
Baca juga: Pemadaman api Gunung Panderman terhambat sulitnya medan


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023