Batam (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau memperoleh kuota haji sebanyak 1.386 untuk tahun 2024 dengan rincian kuota reguler sebanyak 1.291 orang dan kuota tambahan sebanyak 95 orang.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kepri Muhammad Syafii mengatakan untuk kuota reguler yang berjumlah 1.291 orang tersebut, nama-nama jamaah calon haji sudah ada dan sudah mendapatkan nomor porsi masing-masing.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui nomor porsi, bisa dilihat secara online melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh Kemenag RI. "Untuk nama calon jamaah haji kuota tambahan belum bisa dilihat. Tapi kalau yang reguler sudah bisa," kata Syafii saat dihubungi di Batam, Rabu.

Ia menyebutkan nomor porsi bisa dilihat melalui aplikasi haji pintar dan bisa download melalui play store.

Baca juga: BPKH gandeng Bank Muamalat kembangkan layanan haji dan umrah

Baca juga: Pemerintah salurkan Rp125 juta kepada ahli waris jamaah haji di Jakut


Kata Syafii, hingga saat ini belum ada calon jamaah haji yang melakukan pelunasan biaya haji.

"Nama-nama calon masih estimasi di Kemenag karena belum ada calon haji yang lunas pembayaran," ujar dia.

Pada tahun 2023, Kepri mendapatkan kuota haji sebanyak 1.286 orang, dimana kuota tahun ini meningkat lebih 100 persen dibanding tahun 2022 yakni sebanyak 586 orang.

Kemudian, pada tahun 2023, pemerintah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk Embarkasi Hang Nadim Batam sebesar Rp87.667.245,26.

Kemudian, BPIH tahun 2023 mengalami penurunan sekitar Rp11 juta dari tahun sebelum yang sebesar Rp98 juta, sementara untuk BIPIH 2023 mengalami kenaikan Rp9 juta dari tahun 2022 yang sebesar Rp38 juta.*

Baca juga: Bank Muamalat dan Pegadaian kolaborasi bantu pendaftaran porsi haji

Baca juga: Pemerintah berupaya memperoleh tambahan kuota petugas haji pada 2024

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023