Salah satu uniqueness dan keunggulan IIF dibanding perusahaan pembiayaan lain adalah IIF memiliki pemahaman dan pengalaman mendalam pada implementasi prinsip ESG.
Jakarta (ANTARA) - PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) menerbitkan obligasi berkelanjutan II Indonesia Infrastructure Finance Tahap I Tahun 2023 senilai Rp500 miliar, dengan menawarkan kupon mulai dari 6,25 persen hingga 7,25 persen.

Presiden Direktur IIF Reynaldi Hermansjah menjelaskan penerbitan obligasi ini terbagi menjadi tiga seri, yaitu Seri A untuk jangka waktu satu tahun dengan kupon sebesar 6,25- 6,95, Seri B jangka waktu tiga tahun dengan kupon sebesar 6,60 - 7,10, serta Seri C untuk jangka waktu lima tahun dengan kupon sebesar 6,75- 7,25.

“Salah satu uniqueness dan keunggulan IIF dibanding perusahaan pembiayaan lain adalah IIF memiliki pemahaman dan pengalaman mendalam pada implementasi prinsip ESG,” ujar Reynaldi saat konferensi pers di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Ekonom: Kenaikan suku bunga BI pulihkan imbal hasil obligasi

Masa penawaran umum akan berlangsung pada 15 – 18 Desember 2023, masa penjatahan pada 19 Desember 2023, disusul dengan tanggal distribusi secara elektronik (emisi) pada 21 Desember 2023.

"Kemudian, tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah 22 Desember 2023," ujar Reynaldi.

Dalam aksi korporasinya, IIF menunjuk Mandiri Sekuritas sebagai lead arranger, lalu, BCA Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Indopremier sebagai Penjamin Pelaksana Emisi. Sementara itu, Bank Mega ditunjuk sebagai wali amanat.

 PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menyematkan peringkat idAAA pada obligasi yang diterbitkan perseroan.

Baca juga: Sucor AM gandeng BSI distribusikan reksa dana syariah

Sebelumnya, pada 17 November 2023 lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan izin berupa pernyataan pra-efektif atas aksi korporasi ini.

Sebagai upaya ekspansi bisnis, Reynaldi menjelaskan pada penerbitan obligasi kali ini IIF juga memiliki misi untuk melibatkan masyarakat secara luas dalam berpartisipasi dan berkontribusi pada pertumbuhan proyek infrastruktur yang berkelanjutan di Indonesia melalui instrumen investasi.

“Proyek infrastruktur berkelanjutan yang dimaksud merupakan proyek–proyek yang memiliki dan mematuhi prinsip Environmental, Social, Governance (ESG) di dalamnya,” ujar Reynaldi.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023